Sayangi Aku, Sayangi Teman-Temanku

0
47

.Saat menikah jelas pasangan tidak hanya akan menikahi Anda, namun juga menikahi keluarga Anda. Bagaimana dengan saat pacaran? Bila dia mengaku mencintai dan menyayangi Anda, maka ia pun harus benar mencintai dan menyayangi teman-teman Anda.

Keluarga kedua seseorang adalah teman, khususnya teman dekat. Teman adalah orang yang sangat mengerti siapa Anda. Bahkan mungkin ada beberapa orang yang justru lebih dekat dengan teman-teman dibanding dengan keluarganya.

Tidak mungkin dan tidak masuk akal jika Anda meninggalkan teman-teman demi pasangan. Maksudnya, berduaan dengan pacar itu perlu, namun kehidupan sosial bersama teman juga tetap harus diperhatikan dan diberikan dalam porsi yang seimbang. Menjadi pasangan Anda tentu orang tersebut akan berada cukup lama dan mungkin selamanya di dalam hidup Anda. Itu berarti cepat atau lambat ia akan ‘bersinggungan’ dengan banyak orang dalam hidup Anda, termasuk teman-teman Anda.

Mintalah dan libatkan pasangan untuk ikut hadir dalam acara dan kegiatan bersama dengan teman-teman dekat Anda. Suka tidak suka, ia ‘harus’ menyukai itu. Bila pasangan benar-benar tidak cocok dengan teman-teman Anda, maka sebaiknya dia mulai beradaptasi dan menyesuaikan diri, karena tidak adil rasanya bila ia meminta Anda memilih antara dirinya atau teman-teman Anda. That’s silly, anyway.

Menyukai seseorang, berarti harus menyukai keseluruhan paket dari orang tersebut, baik dan buruknya. Carilah pasangan yang bisa mengerti pentingnya kehadiran sahabat-sahabat dalam hidup Anda, meski ia tidak terlalu cocok dengan karakter orang-orang tersebut. Pasangan yang benar mencintai Anda akan mampu menahan emosi dan setidaknya bersikap manis tanpa mengeluh di tengah-tengah teman-teman Anda. Bahkan ia akan mencoba membaur dan masuk ke dalam pembicaraan seru di antara teman Anda, meski itu sulit.

Begitu pula dengan Anda. Bila Anda tidak mau mengenal, bergaul, dan ramah dengan teman-teman pasangan Anda, maka ada baiknya Anda mencari pacar baru atau Anda akan tersiksa seumur hidup. Seperti keluarga, teman-teman dekat adalah bagian terpenting dari kehidupan seseorang.

(Berbagai sumber)

SHARE