Saat Si Kecil Menolak Disusui

0
46

.Bila bayi begitu menyukai ASI, mengapa banyak anak yang tiba-tiba melakukan gerakan mogok makan, tidak mau disusui lagi? Hal ini biasa dinamakan ‘nursing strike‘ dan terjadi jelas bukan karena kualitas air susu Anda menurun. ASI tetaplah susu terbaik untuk bayi, no matter what.

Saat si kecil menolak untuk menyusu, Anda harus mencari tahu penyebabnya. Bisa jadi hal tersebut terjadi karena buah hati marah, kesal, dan ngambek pada Anda. Bagi ibu yang bekerja di luar, pulang ke rumah saat malam akan membuat bayi kesal, karena merasa ditinggal. Kekesalannya dilampiaskan dengan mogok makan, tepatnya mogok menyusu. Waduh!

Menurut Asosiasi Ibu Menysusui Indonesia (AIMI), penyebab enggannya si kecil untuk menyusu bisa juga dikarenakan perubahan aroma tubuh Anda. Beberapa bayi yang baru lahir akan menjadi sangat sensitif terhadap bau-bauan. Parfum yang menempel di tubuh Anda akan menutupi aroma plasenta. Si kecil pun akan merasa asing dan tak nyaman dengan aroma parfum yang baru.

Di Australia bahkan ada ketentuan. Pilihan bagi ibu yang baru saja melahirkan, yakni tidak harus mandi supaya masih ada bau plasenta (di tubuh ibu). Ini agar si bayi merasa rumahnya masih ada. Boleh mandi asal sekitar sini (menujuk daerah sekitar payudara) tidak basah,” demikian penjelasan Nia Umar, K. L., wakil ketua umum AIMI.

Hal lain yang mungkin menjadi alasan mogok menyusu adalah peristiwa ‘bingung puting’. Ini terjadi pada Anda yang kerap memberikan dot atau dot botol susu pada si kecil. Sistem kerja dot dan puting manusia dalam mengeluarkan susu sangatlah berbeda. Dot dengan cepat dan mudah meneteskan susu hanya dengan dimiringkan. Sedang melalui puting, si kecil harus mengerahkan usaha lebih besar, termasuk dengan menggunakan lidahnya agar susu ibu dapat ‘diperah’. Tidak hanya itu, kekenyalan dot dan puting tentu sangat berbeda, bukan?

Bila sudah terbiasa dan telah merasakan mudahnya minum susu dari dot botol susu, anak pasti akan malas dan enggan kembali minum susu langsung dari payudara ibunya. Kekenyalannya berbeda dengan dot yang biasa dia gunakan, caranya pun lebih susah. Untuk itu, gunakanlah sendok ketika Anda ingin memberikan ASI – yang telah disimpan dalam ruangan dingin – ke mulut bayi.

Kalau sudah bisa mengatasi penyebabnya, bayi mana, sih, yang sanggup menolak pesona ASI? Hehe

(Ghiboo)

SHARE