Ke Penjara Kita Berwisata

0
60

.Bandung adalah kota dengan 1001 pesona. Peraih “Most Favorite City” dan “The Best Servist City” versi Indonesia Tourism Award (ITA) dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia ini rencananya akan mempopulerkan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I Sukamiskin sebagai salah satu objek wisata andalan kota Bandung.

Lembaga pemasyarakatan yang berlokasi di Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, kawasan Bandung Timur ini memiliki dua daya tarik utama, terutama gaya bangunannya dan tentu saja keterkaitannya dengan beberapa tokoh pejuang Indonesia.

Dibangun pada tahun 1817 oleh Pemerintahan Belanda, hotel prodeo bergaya arsitektur Eropa ini jika dilihat dari udara akan tampak berbentuk trapesium. Gedung rancangan arsitek Charles Prosper Wolff Schoemaker (yang terkenal dengan sebutan “the Frank Lloyd Wright of Indonesia”) ini pada zamannya dikhususkan sebagai penjara kaum intelektual, termasuk mantan presiden Soekarno yang menjalani hukuman pada bulan Desember 1930. Kini, bekas sel penjara yang ditempati oleh presiden Soekarno tersebut diberi tulisan “Bekas Kamar Bung Karno” dan menjadi salah satu bangunan sisa peninggalan Belanda yang dilindungi.

Untuk kenyamanan para wisatawan, rencananya Lapas Sukamiskin ini akan mengalami renovasi, dan bahkan pihak Lapas kini tengah serius mempersiapkan beberapa sipir andalan mereka untuk dilatih menjadi pemandu wisata yang juara. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk masuk penjara dalam waktu dekat ini?

(Berbagai sumber)

SHARE