Museo Soumaya: Dari Carlos Slim, Untuk Mendiang sang Istri

0
44

.Tersebutlah seorang pria Meksiko bernama Carlos Slim, pria dengan total kekayaan sekitar Rp. 645 trilyun yang akhir-akhir ini lebih dikenal sebagai pria terkaya di dunia. Karena saking kayanya, kadang orang-orang di Meksiko suka bercanda dan berkata bahwa Carlos Slim memiliki hampir seluruh kaktus yang ada di negeri itu. Well, mereka salah. Tak hanya kaktus, Carlos Slim ternyata juga memiliki koleksi berbagai karya seni paling menakjubkan di seluruh daratan Meksiko.

Jika berkunjung ke Mexico City, sempatkan diri Anda untuk menjejakkan kaki ke Museo Soumaya, musium seni paling trendi dan paling berkilau yang bisa Anda temui akhir-akhir ini.

Stuktur bangunannya yang terbungkus oleh permukaan menyilaukan, dalam bentuk sarang lebah segi enam dengan warna perak mengilap dan mengingatkan kita pada salah satu patung karya Rodin, dirancang oleh Fernando Romero, mantu dari Mr. Carlos Slim. Di dalam ruangan setinggi 6 lantai dan seluas 16 Ribu meter persegi ini tersimpan berbagai benda seni milik Carlos Slim yang berupa mahakarya Da Vinci, Toulouse-Lautrec, Picasso, Salvadore Dali, Rivera, Renoir, berbagai karya seniman Meksiko, koleksi koin dan dokumen bersejarah, serta berbagai koleksi benda kesayangan milik Soumaya, istri Carlos Slim yang sudah tiada. Ya, bisa dibilang ini sejenis Taj Mahal di era internet.

Gedung senilai US$ 70 juta ini juga menjadi rumah bagi koleksi karya seni buatan Auguste Rodin terbesar kedua di dunia dan sekaligus terbesar pertama di dunia atas nama perorangan. Berkat bentuk, lekuk serta koleksinya yang luar biasa, Museo Soumaya berhasil mendapatkan buzz secara internasional dan menjadi harapan terbesar bagi Meksiko di kancah permusiuman dunia. Well done, senor!

(Berbagai sumber)

SHARE