Porsche 918 Spyder, An Extraordinary Hybrid

0
32

.JERMAN – Porsche 918 Spyder. Apa keistimewaan mobil ini? Just another sportcar spyder? No!

Bila diteruskan, maka mobil beratap terbuka-menutup ini punya nama lengkap Porsche 918 Spyder Hybrid. Yep, kata “hybrid” di belakang itulah yang menjadi pembeda diantara sportcar lainnya yang telah diproduksi pabrikan Jerman tersebut.

Bermodal mesin hybrid 4.000cc V8, 918 Spyder mampu melontarkan tenaga hingga 500 daya kuda yang dialirkan lewat roda belakang dengan gearbox dual-clutch 7-speed Porsche-Doppelkupplungsgetriebe (PDK). Ada juga tambahan dua motor listrik disetiap gardan yang mengeluarkan daya sebesar 218 hp.

Saat dilakukan pengetesan di Sirkuit Nurburgring, Jerman, 918 Spyder hybrid dapat melaju dengan kecepatan hingga 320 km/jam. Sementara itu akselerasinya dari 0-100 kpj cuma butuh 3,1 detik. Ketika motor listriknya bekerja sendirian maka pada modus EV tersebut 918 Spyder masih bisa digeber hingga 150 km per jam. Sayang daya tahan baterai cuma hingga jarak 25 km.

Meski begitu jika bataerai lithium-ion dengan sistem liquid-cooled ini kehabisan daya  maka tinggal colokkan dengan sumber energi konvensional di rumah sebesar 220 volt. Dalam 3 jam motor lsitrik tersbeut siap digunakan kembali.

Fitur hybrid pada Spyder 918 juga unik. Karena Porsche memungkinkan pengemudinya untuk mengaktifkan motor listrik lewat sebuah tombol jika sekira dibutuhkan tenaga lebih besar pada mesin besinnya.

Hal menarik lainnya adalah dari kontur body Spyder 918. Terinspirasi dari Carrera GT dan Porsche 917 RS, Spyder 918 dibangun dengan sistem monocoque dengan bodi yang terbuat dari campuran fiber serta serat karbon.

Dengan material yang ringan namun kuat ini, Spyder 918 juga mendapat perhitungan tinggi tetang sistem aerodinamika. Baik saat atap terbuka maupun tertutup, koefisien drag dari mobil ini tetap dipertahakan seminimal mungkin.

Semua hal menarik itu kemudian berujung pada rencana Porsche yang hanya akan memproduksi 918 Spyder hybrid sebanyak 918 unit. Itupun jika Anda memesannya mulai Maret 2011, maka mobil baru bisa datang ke garasi rumah Anda dua tahun kemudian.

Harganya pun fantastik, Rp8 miliar! Itupun baru untuk pasar di Jerman, jika ingin mengirim ke Indonesia, jangan lupa tambahkan dengan berbagai pajak yang harus dibebankan.

(Ghiboo)

SHARE