Sayuran "Pucat" Kaya Gizi

0
28

.Yang berwarna memang selalu lebih menarik. Tapi, hal itu tidak berlaku untuk 4 sayuran di bawah ini. Sekaranglah saatnya menikmati berbagai sayuran putih yang kaya manfaat bagi kesehatan Anda.

Hijau memang menjadi warna identik bagi sebagian besar sayur-sayuran. Namun, bukan berarti yang tidak berwarna kalah sehat dengan sayuran lain yang berwarna. Walupun warnanya putih dan tidak banyak mengandung antioksidan, sayuran “pucat” dibawah ini mengandung fitokimia yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dan tekan darah.

1. Lobak. Sayuran bahan acar yang sering kita jumpai di restoran-restoren Jepang ini, ternyata merupakan sumber vitamin C yang baik. Selain itu, lobak dapat mengatasi berbagai penyakit seperti perut kembung, asma, influenza, dan tiroid.

2.  Kembang Kol. Salah satu sayuran yang pasti ada di menu masakan Cina yakni cap cay ini, mengandung glukosinolat yang berguna melawan sel-sel kanker. Satu porsi kembang kol dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin K pada tulang kita. Nikmati kembang kol dengan cara direbus, ditumis atau dibuat sup.

3. Bengkuang adalah obat cantik yang alami. Bagi para wanita yang telah memasuki masa menopause, bengkuang berfungsi sebagai remedi alami  untuk membuat kita terlihat tetap fit. Kandungan fitoestrogennya berperan sebagai antioksidan yang menjaga tulang tetap kuat dan kulit selalu elastis.

4. Tauge. Atasi gangguan PMS dan demam menjelang menopause dengan mengkonsumsi tauge. Kandungan saponin dalam tauge bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Cukup dengan merebus tauge beberapa menit, dan nikmati khasitnya dengan cara ditumis atau dijadikan gado-gado dengan sayuran lain.

5. Bawang putih.  Memiliki zat aktif bernama alisin yang berfungsi sebagai antibiotik, antibakteri dan antiradang. Selain itu, alisin juga bisa membantu mencairkan darah yang membeku di dalam pembuluh arteri kita.

Ragamkan menu sayuran di piring Anda yah. Agar tubuh mendapat semua vitamin yang dibutuhkan.

(berbagai sumber)

SHARE