Gaya Makan Perusak Diet

0
26

.Suka makan sambil bekerja? Anda tidak sendirian. Menurut studi American Dietetic Association di AS, lebih dari sepertiga pegawai sarapan di meja kerja

Bagaimana dengan dua per tiga yang lain.Tternyata mereka  menyantap makan siang juga sambil bekerja. Bukan cuma itu. Pada pukul 10 pagi biasanya ada kebiasaan mengudap camilan.

Lebih jauh, penelitian menunjukkan berbagai hal menarik. Ternyata waktu untuk santap siang menjadi hanya 36 menit saja. Lalu cokelat selalu ada di meja sebagai obat stres. Di sisi lain, riset itu mengungkap bahwa  sekitar 7% pegawai makan malam juga di meja kerja.

Jika ditelisik, ada beberapa gaya makan yang dimiliki oleh para pekerja kantoran. Yang pertama adalah orang yang gemar makan bersama.

Memang, membawa makanan ke kantor untuk dinikmati bersama bukanlah hal yang salah. Tapi, jika yang disuguhkan adalah cake, mufin, kentang goreng dan minuman bersoda? Ah, lebih baik kebiasaan ini dihentikan saja. Semua makanan dan minuman itu memiliki kalori tinggi. Anda bisa meneruskan “tradisi” dengan menggantinya dengan apel, misalnya.

Tipe kedua adalah penyantap makanan yang tak memperhatikan asupan seimbang. Misalnya, memadukan ayam goreng tepung dengan steak daging sapi sebagai makan siang. Atau, terbiasa makan cake cokelat dalam porsi besar, setelah melahap puding susu.

Mulai sekarang, ada baiknya jika mereka lebih memperhatikan komposisi makanan yang disantap. Ganti sarapan dengan bubur gandum ditambah sedikit madu, susu, dan buah. Atau tambahkan kacang cincang. Serat dan protein dalam menu sarapan ini dapat membuat kita tetap kenyang selama beberapa jam.

Untuk camilan sebelum makan siang, cobalah yogurt rendah lemak. Lalu untuk makan siang, pilih salmon, perciki dengan minyak zaitun. Selain itu, luangkan waktu 15-20 menit untuk menyantap makan siang dalam kondisi santai. Kondisi ini dapat menerbitkan perasaan puas usai bersantap.

Lalu, bagaimana dengan si pecinta camilan? Menyantap snack, bukanlah kebiasaan bagus bagi tubuh. Coba ganti kudapan dengan alternatif yang lebih sehat, seperti yogurt rendah lemak pengganti teh manis, biskuit gandum pengganti biskuit bertabur gula. Tinggalkan juga minuman bersoda yang biasanya tinggi kalori dan kembalilah ke alam. Minum air putih saja.

Gaya makan seperti ini pada awalnya memang susah dilakukan. Namun dengan niat bulat, pada akhirnya Anda akan memetik manfaatnya.

(berbagai sumber)

SHARE