Kiwi: Buah Super Padat Manfaat

0
53

.Selain memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih tinggi dari jeruk, simpanan nutrisi buah asal Selandia baru ini juga tergolong padat. Karena itu, kiwi dijadikan sebagai salah satu kandidat buah terbaik. Setidaknya ada 5 khasiat yang bisa kita nikmati dari buah kiwi.

1. Terhindar dari penyakit jantung.
Serangan jantung biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah yang mengeras pada lapisan pembuluh koroner atau plak aterosklerosis. Dengan mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari, kita dapat menurunkan risiko penggumpalan darah hingga 18%. Selain itu, hasil studi dari Zespri Healthfruit Information Center menyatakan ekstra kiwi juga dipercaya mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Baik untuk pencernaan.
Memiliki masalah dengan konstipasi? Pusat kesehatan di Belgia, Spanyol dan Belanda selalu menyarankan kiwi sebagai “obat” manjur untuk mengatasinya. Kandungan 2-4 serat pada setiap buah kiwi mampu memperlancar proses buang air besar kita, terutama untuk orang yang berusia 60 tahun ke atas, yang sering mengalami masalah pada sistem pencernaan mereka.

3. Aman untuk penderita diabetes.
Bagi para penderita diabetes makanan dengan kadar Indeks Glikemik (IG) yang rendah sangat diperlukan agar mampu menjaga kadar gula dalam darah mereka agar bisa tetap stabil. Dan, buah kiwi memiliki kadar IG yang rendah, yaitu 39-48. Selain memberikan efek mengenyangkan lebih lama, makanan jenis ini juga dapat mempercepat proses pembakaran lemak.

4. Melindungi paru-paru.
Pada penderita asma kadar vitamin C dan beta-karoten dalam plasma darah mereka terbukti lebih rendah dibanding dengan orang sehat. Tingginya kandungan vitamin C dan magnesium dalam buah kiwi dapat membuat paru-paru kita terlindung dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Penelitian pada penderita asma juga membuktikan adanya manfaat kiwi dalam meningkatkan fungsi dan jaringan pada paru-paru.

5. Sahabat masa kehamilan.
Buah kiwi merupakan buah dengan kandungan asam folat yang tinggi. Untuk kiwi kuning 30 Qg/100 g, sedangkan untuk kiwi hijau 11Qg/100g. Peran asam folat sangat penting bagi para perempuan yang sedang mengandung. Selain untuk mencegah terjadinya kecacatan tulang belakang pada bayi mereka, sekaligus untuk meningkatkan perkembangan otak dan kemampuan kognitif bagi si kecil nantinya. Tidak hanya baik untuk anak-anak, khasiat asam folat juga dapat dirasakan oleh orang dewasa. Sebab rajin mengasup makanan yang kaya asam folat dapat menekan risiko Alzheimer hingga 50%.

Sisipkan buah kiwi setiap hari sebagai menu dessert Anda.

(berbagai sumber)

SHARE