Makan Banyak Karena PMS?

0
36

.Nafsu makan selalu melonjak setiap kali mendekati siklus menstruasi, ini banyak dialami oleh perempuan. Akibatnya, berat badan bertambah 1-2 Kg selama kita datang bulan. Normalkah? Penelitian membuktikan memang ada kaitan antara nafsu makan dengan PMS.

Berdasarkan studi terbaru disebutkan, umumnya wanita mengonsumsi kalori 15 persen lebih banyak dari biasanya, saat ia memasuki fase datang bulan, sekitar dua minggu sebelum mens hari pertama.

Ini terjadi karena level estrogen yang berfungsi menekan nafsu makan kita tengah menurun. Di sisi lain, progesteron di tubuh kita meningkat, sehingga metabolisme menjadi lebih cepat. Namun, perubahan kondisi hormon itu tetap tak mampu membakar banyaknya ekstra kalori yang kita konsumsi, kecuali kita menambah waktu berolahraga.

Untuk mencegah berat badan terus meningkat, ikuti saran dari Sari Greaves RD juru bicara American Dietetic Association ini. Kita tetap boleh ngemil, tapi pilih yang rendah kalori. Contohnya, yogurt bebas lemak dilengkapi dengan buah berry, seporsi buah ditambah satu lembar keju, atau dark chocolate sebanyak 30 gram per konsumsi.

(berbagai sumber)

SHARE