Mental Sehat dengan Olahraga Outdoor

0
60

.Studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Chemical Society?s Environmental Science & Technology menyatakan cukup dengan meluangkan waktu 5 menit melakukan ‘olahraga hijau’, mampu memberikan manfaat bagi kesehatan mental kita.

Jules Pretty and Jo Barton dari the Interdisciplinary Centre for Environment and Society and Department of Biological Sciences di University of Essex in Colchester, England, menjabarkan olahraga hijau adalah berbagai aktivitas fisik yang kita lakukan di alam terbuka, seperti berjalan di taman, bekerja di taman belakang atau hiking di alam terbuka.

Dalam penelitian sebelumnya menunjukkan aktivitas di luar dapat menurunkan risiko penyakit mental dan meningkatkan self-esteem. Tapi penelitian itu belum memberikan kepastian berapa lama waktu yang harus kita habiskan di alam terbuka untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Penelitian Pretty dan Barton dilakukan terhadap 1.252 orang dengan perbedaan umur, jenis kelamin, dan status kesehatan metal. Plus para partisipan diminta untuk melakukan aktivitas seperti jalan kaki, bersepeda, memancing, berkuda, dan berkebun di alam terbuka.

Dan hasilnya, meski semua partisipan merasakan manfaat yang berbeda-beda. Tapi perubahan kesehatan paling dirasakan oleh sukarelawan yang masih muda dan memiliki masalah kejiwaan. Akan sangat baik jika semua orang bisa melakukan ‘pengobatan’ sendiri dengan melakukan olahraga hijau, saran Barton. Semua lingkungan alam dilaporkan dapat berpengaruh, namun lingkungan yang hijau dengan air dapat memberikan manfaat yang lebih.

Dari hasil keseluruhan, dampak positif terhadap peningkatan self-esteem terjadi ketika kita melakukan olahraga hijau selama 5 menit. “Perbaikan kesehatan mental jangka pendek bisa merupakan pelindung kesehatan kita jangka panjang,” jelas Pretty.

Jadi mulailah untuk bisa meluangkan 5 menit saja untuk beraktivitas ke luar setiap hari, demi melindungi kesehatan kita. Sekarang dan seterusnya.

(berbagai sumber)

SHARE