Tekuni Hobi Sepenuh Hati

0
57

.Apapun yang anak Anda gemar lakukan, jangan meremehkannya. Memukul-mukul ember, misalnya. Memukul ember bisa jadi menyenangkan baginya, karena menimbulkan bunyi-bunyian. Kesukaannya pada bunyi-bunyian dan variasinya merupakan cikal bakal talenta dalam bermusik. Banyak orangtua tidak memperhatikan ini. Alasannya tentu saja karena apa yang dilakukan anak kecil biasanya konyol dan belum berbobot. Ingat, ‘belum’ berbobot bukan berarti ‘tidak’ akan pernah ada nilainya.

Melihat si kecil gemar ‘bermain’ musik, belikan dia piano atau gitar mainan untuknya. Hanya dengan menekan tombol-tombol yang ada pada mainan tersebut, ia bisa mendengarkan berbagai macam jingle musik yang berbeda-beda. Ini jauh lebih baik dibanding mendengarkan bunyi-bunyian berisik dari plastik ember yang dipukul-pukul tak beraturan.

Dengan mendengarkan musik dari sebuah mainan, ia akan belajar, membiasakan diri, dan beradaptasi terhadap ‘musik’ yang sebenarnya. Musik yang indah dan memiliki tempo. Semakin beranjak dewasa, bimbing dan arahkan anak untuk dapat bermain musik lebih baik. Privat musik akan menjadi langkah yang tepat untuknya. Bisa dengan mendatangkan guru musik atau si kecil yang mengikuti kelas bersama di suatu sekolah musik.

Ajarkan anak untuk tidak setengah-setengah dalam melakukan hobinya. Hal kecil yang dilakukan dan ditekuni sepenuh hati akan berubah menjadi hal besar. Si kecil bisa mencontoh kehidupan Milun Tesovic (25). Pada umur 16 tahun, ia menciptakan sebuah situs musik (Metrolyrics.com) untuk menyalurkan hobinya membuat kompilasi lirik lagu-lagu kesukaannya. Keseriusannya menghadapi situs tersebut terwujud dengan berubahnya situs menjadi sebuah perusahaan pada tahun 2004.

Kini, Metrolyrics.com telah memiliki database lirik sebanyak dua juta lagu. Beberapa darinya memiliki lisensi, lainnya adalah sumbangan ‘posting’ dari para user yang menuliskannya ke dalam situs secara cuma-cuma. Dijalankan hanya oleh 20 karyawan, situs ini sudah mendapatkan banyak keuntungan dengan menjual iklan. Saat masih berusia 21 tahun, situsnya telah memberi Tesovic keuntungan sebesar US$ 1 juta!

Apa yang dilakukan Tesovic terhadap hobinya benar-benar mengagumkan. Siapa yang menyangka, mengumpulkan lirik lagu bisa membuatnya jadi pengumpul uang jutaan Dolar Amerika Serikat? Semua berawal dari keseriusan. Menekuni dan menjalani hobi sepenuh hati, itu kunci keberhasilan si kecil.

(Berbagai sumber)

SHARE