Tidur Larut dan Bangun Lebih Awal Picu Sakit Jantung

0
61

.Sibuk dengan urusan pekerjaan membuat kita sering tidur larut. Padahal esok pagi kita harus bangun lebih awal untuk berangkat ke kantor.  Hal ini berarti kuantitas tidur Anda menjadi berkurang, yaitu kurang dari 8 jam, bahkan untuk orang sibuk standarnya adalah tidur 6 jam sehari.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam memiliki risiko terkena serangan jantung 50 persen lebih besar dan memiliki risiko terkena stroke 15 persen lebih besar dari yang tidur cukup. Para ahli yakin bahwa kurang tidur akan mengganggu keseimbangan dua hormon yang penting yaitu ghrelin dan leptin, yang mengontrol selera makan kita.

Mereka yang kurang tidur cenderung lebih suka makan banyak dan berisiko mengalami obesitas plus tekanan darah tinggi, serta risiko penyakit jantung yang mendampinginya. Tidak hanya itu, mereka yang kurang tidur juga berisiko terkena diabetes karena gaya hidup yang tidak sehat ini.

Namun, para ahli juga mengingatkan bahwa mereka yang tidur lebih dari 9 jam per hari harus dicurigai mengalami masalah dengan jantung. Karena penyakit jantung mengakibatkan penderitanya merasa lelah, sehingga tidur hingga 9 jam pun tidak bisa membuatnya merasa segar.

Mulai hari ini, atur pola tidur malam Anda agar terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

(berbagai sumber)

SHARE