Cara Tepat Mengolah Daging

0
28

.)Jika selama ini kita menjauhi daging karena disebut dapat mengundang penyakit jantung koroner, sebaiknya hapus persepsi tersebut. Sebab daging (sapi, kambing, ayam, dan ikan) tetap dibutuhkan tubuh.

Salah satu manfaat daging yang dapat kita nikmati adalah kandungan zat besi yang sangat mudah diserap tubuh. Plus daging juga kaya akan vitamin B12 yang berguna untuk menjaga kesehatan saraf dan sel darah merah.

Daging menjadi tidak sehat di tubuh, apabila kita mengolahnya pada suhu tinggi. Pengolahan cara ini akan menghasilkan senyawa karsinogen, atau senyawa yang dapat mempertinggi risiko kanker. Jadi untuk mengurangi efek negatif itu, ada langkah-langkah sederhana untuk menjaga manfaat daging yang kita konsumsi.

Jika ingin membakar daging, pilih bagian yang paling rendah lemaknya. Lemaknya dapat menyebabkan api membesar dan menimbulkan asap tebal, sehingga zat karsinogen yang timbul juga semakin tinggi.

Pada saat memanggang, gunakan api sedang atau energy panas yang tidak langsung kena ke daging. Ini juga untuk  mengurangi risiko api membesar atau daging terlalu matang bahkan gosong.

Jangan sering menggoreng atau membakar daging, karena suhu yang untuk menggoreng dan membakar cenderung lebih tinggi ketimbang jika kita mengolahnya dengan cara di-steam.

Rendam daging dalam bumbu sebelum dimasak, pilih bumbu yang tidak menggandung gula, karena gula dapat memperbesar nyala api. Dan terakhir seringlah membolak-balik daging ketika sedang dimasak.

Jangan lupa praktekkan tips ini, untuk hasil yang maksimal. Makan daging pun tidak perlu khawatir lagi.

(berbagai sumber)

SHARE