Lilin Aromatik VS Pengharum Ruangan Semprot

0
99

.Manakah yang lebih baik untuk mengharumkan ruangan, lilin aromatik atau air freshner spray (pengharum ruangan semprot). Jawabannya, Tidak keduanya.

Ternyata pemakaian lilin aromatik maupun air freshener, sama-sama berpotensi merusak kesehatan kita, ujar James Sublett, MD, kepala bagian Alergi dan Imunologi Anak, di Fakultas Kedokteran, University of Louiseville. Kenapa?

Lilin aromatik
Produk ini dibuat untuk membuat kita menjadi lebih rileks, namun pada kenyataanya hasil yang didapat malah sebaliknya. Pengharum ruang berbentuk lillin biasanya mengeluarkan asap beracun seperti, VOC, PAH, plasticizer, dan pthalat yang dapat memicu kambuhnya penyakit alergi pernapasan.

Pengharum ruangan semprot
Kemudahan serta aroma wanginya yang beragam membuat air freshner spray menjadi produk “primadanona” pelenyap segala bau tak sedap. Tetapi dibalik kemudahannya itu, menyimpan banyak zat kimia yang siap menyerang kesehatan kita. Para dokter  menyarankan kita untuk tidak menggunakan pengharum ruangan yang berbentuk semprot. Selain dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan paru-paru, zat-zat kimia bisa menempel di perabotan rumah dalam jangka waktu yang lama.

Cara yang lebih baik : Kita bisa mengganti pengharum ruangan semprot kita dengan yang bentuk elektrik. Untuk mereka yang memiliki alergi pernapasan, pilihlah aroma eukaliptus untuk pengaharum ruangan.

Cara yang aman : Menghilangkan bau tak sedap dalam ruangan adalah dengan membuat sirkulasi udara yang baik, buka jendela dan nyalakan kipas angin agar udara dapat mengalir dengan baik.

(berbagai sumber)

SHARE