Obat Kulit Racikan Sendiri

0
242

.Merasa terganggu dengan kulit merah dan gatal akibat gigitan serangga atau masalah kulit? Jangan langsung ke apotek dan beli obat, coba lihat dulu isi kotak penyimpanan obat. Karena sebagian obat yang disimpan bisa mengatasi masalah kulit kita, seperti eksim, biang keringat atau kutu air. Berikut tiga di antaranya :

Tablet Antasida
Biasa digunakan untuk meredakan rasa nyeri karena maag. Dengan cara menetralkan kondisi lambung akibat produksi asam lambung yang berlebih.

Fungsi ganda : Obat oles yang meringankan dampak gigitan serangga
Obat jenis  antasida mengandung aspirin yang bersifat anestetik. “Ini membuatnya ampuh dalam membantu meringankan gejala gatal akibat gigitan serangga,” jelas Howard Sobel, MD, spesialis kulit dan ahli bedah kulit dari Beth Israel Medical Center di New York. 

Cara : Hancurkan tablet antasida, campurkan dengan oatmeal dan air. Aplikasikan sedikit ‘adonan’ pada bagian kulit yang bermasalah. Bonusnya, obat alami ini tidak akan membuat kulit kita jadi kering, yang biasanya terjadi ketika kita menggunakan krim atau bedak dingin calamine.

Obat kumur
Senjata ampuh untuk menyegarkan mulut. Meski tidak semua mengandung alkohol, tapi setiap obat kumur pasti dilengkapi zat anti-mikroba yang bisa mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut.

Fungsi ganda : Pencegah kutu air.
Kadar alkohol dari obat kumur mampu mencegah timbulnya infeksi jamur.

Cara : Agar kaki terhindar dari kutu air, biasakan untuk rutin menyeka kaki dengan kapas dalam campuran obat kumur dan air setiap habis mandi. Dari bagian bawah jari, hingga ke sela-selanya.

Baking soda
Selain mampu membuat gigi tampak lebih putih, baking soda juga berkhasiat dalam mengatasi problem bau mulut. Bahan pembuat kue ini mampu menyingkirkan plak yang ada di area antara gigi dan gusi.

Fungsi ganda : Pereda iritasi kulit
Kulit perih dan gatal  yang dirasakan para penderita  eksim, biang keringat, atau gatal-gatal, bisa teratasi dengan baking soda. Kandungan sodium bikarbonat, yang merupakan senyawa alkali ringan dan dapat membantu menetralkan level pH di kulit kita, ujar Linda K.Franks, MD, asisten profesor dermatologi klinis di New York University.

Cara : larutkan baking soda dalam air di dalam wadah. Diamkan selama 30 menit hingga meresap. Lalu, oleskan pada area kulit yang teriritasi.

Aplikasikan tiga obat mujarab ini untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit.

(berbagai sumber)

SHARE