Saran Michelle Obama Mengenai IMB Anak

0
32

.Salah satu cara untuk menjaga anak tetap sehat adalah dengan mengetahui Indeks Massa Badan (IMB) sang buah hati. Hal ini dikatakan istri presiden Amerika Serikat, Michelle Obama.

Kenaikan kecil pada angka IMB dapat menandakan gejala obesitas dan hal ini perlu diperhatikan dengan lebih serius. Angka IMB merupakan jawaban dari pertanyaan Anda, “Apa anakku kelebihan berat badan?”

Obesitas bisa berpengaruh buruk pada kesehatan si kecil. Sebut saja, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit hati, dan segala penyakit lain yang disebabkan obesitas. Ini terjadi bila IMB anak tinggi.

IMB didapatkan dari membandingkan berat dan tinggi badan si kecil. Dengan demikian, dapat diketahui apakah berat tubuh si kecil terlalu besar untuk anak setinggi dirinya? Mulailah minta dokter anak untuk memantau IMB anak sejak umurnya dua tahun.

Jangan samakan perempuan dan laki-laki, karena mereka memiliki grafik dan pengukuran IMB berbeda. Perbedaan juga disebabkan oleh umur. Bila IMB seorang anak berada pada persen ke-85 atau ke-94 dari umur dan tingginya, ini berarti IMB-nya lebih tinggi dari 85-94 persen anak yang seumuran dan berat serupa.

Angka yang mencapai 95 persen ke atas dinyatakan obesitas. Sedang untuk mencapai ukuran ‘sehat’, usahakan IMB anak berada pada persentil kelima dan ke-84. Tentu di bawah angka itu berarti anak kekurangan berat badan.

Berapa IMB buah hati Anda di rumah?

(Berbagai sumber)

SHARE