Selamat Hari Film Nasional

0
56

.Selamat Hari Film Nasional. Hari ini, tepat tanggal 30 Maret dirayakan Hari Film Nasional. Hari dimana anda, pecinta dan pembuat film boleh berbangga hati karena pada tanggal ini, 61 tahun yang lalu dimulailah pengambilan gambar yang pertamakalinya untuk sebuah film Indonesia. Film yang diproduseri dan disutradarai oleh Usmar Ismail ini berjudul Darah dan Doa.

Darah dan doa seakan menjadi makna sebenarnya dari kondisi perfilman Indonesia saat ini. Film-film horor bermandi darah yang mulai kembali banyak diproduksi akhir-akhir ini seakan menutup peluang film dari genre lain untuk bisa tampil dan memberi pilihan. Tidak ada yang salah dengan film horor, walaupun banyak dibumbui dengan adegan bersifat sensual, film horor pada saat ini terkesan stagnan dari mulai cerita hingga pemberian nama untuk judul filmnya. Masyarakat butuh diberi pilihan film nasional atau Hollywood lah yang akan tetap jadi pilihan utama.

Keinginan pemerintah untuk mulai memperketat peraturan film asing yang akan masuk, membuat film nasional harus bisa menunjukan kualitasnya. Ada atau tidaknya film asing, seharusnya bisa membuat semua pihak yang terlibat dalam industri film, termasuk anda para penonton, mempunyai tanggung jawab secara moral untuk membuat film sebagai salah satu media yang bermanfaat.

Tidak hanya seberapa banyak film nasional yang akan dibuat, tetapi juga kita harus memperhatikan kualitas dari film itu sendiri dan pengarsipan semua data film yang sudah pernah dibuat. Banyak doa dan harapan yang terucap dari insan perfilman yang terlibat dalam perfilman nasional. Beberapa diantaranya menyampaikan melalui akun twitter masing-masing dan ini beberapa diantaranya:

Mira Lesmana (@MirLes), Selamat Hari Film Nasional utk SEMUA. Kita smua stake holder perfilman Indonesia. Walau blm satu visi hari ini, semoga bisa di hari esok 🙂

Rudi Soedjarwo (@rudisoedjarwo), Kalau saja film dan olahraga bisa menjadi alat pemersatu bangsa…

Nia Dinata (@tehniadinata), Rabu 30maret #HariFilmNasional tv2 mengundang saya talkshow topiknya film Indonesia tanpa Hollywood.Hrsnya bahas pengarsipan film nasional.

Sheila Timothy
(@Lalatimothy) Selamat Hari Film Nasional! Reminder u/ terus berjuang&berkarya. Past n Future. Perjuangan u/ Sinematek n dukung Film Ind yg berkualitas.

Upi (@upirocks), Semuanyaaaa.., hari perfilman apaaaaa..??? / Nasionaaaaaaal…!!!! / Haseeeekk.. Digoyang lagi!!!

Joko Anwar (@jokoanwar), Selamat Hari Perfilman Nasional, temen2 filmmaker, temen2 kritikus dan temen2 penonton. We WILL bangkit!! It’s a promise!!

Joko Anwar
(@jokoanwar), Menunggu para produser itu sadar mereka sedang membunuh perfilman nasional dan bilang ‘Ok we got to stop.’

(Ghiboo)

SHARE