Si Kuning yang Mujarab

0
65

.Kini saatnya yang alami beraksi. Khasiat tumbuh-tumbuhan herbal untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya adalah kunyit. Bumbu utama masakan kari ini, ternyata menyimpan berbagai khasiat yang penting bagi kesehatan kita.

Pertama, untuk meredakan rasa nyeri, kandungan kurkumin atau curcuma longa di dalam kunyit berperan sebagai anti radang yang menghambat produksi COX-2. COX-2 merupakan enzim penyebab rasa sakit pada penderita artritis, ungkap Roberta Lee, MD, direktur medis Continuum Center for Health and Healing Beth Israel Medical Center, New York.

Kedua, mengurangi resiko kanker usus. Di Indonesia, kanker usus berada pada posisi ketiga sebagai kanker yang paling banyak ditemui pada wanita. Berdasarkan penelitian John Hopkins University School of Medecine, kurkumin dapat menyusutkan lesi pra kanker di dalam usus besar (polip usus besar).

Karena kuersetin (sejenis antioksidan) dalam kunyit yang berfungsi sebagai pencegah kanker. Untuk penyebuhan polip usus besar, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi 480 mg kurkumin ditambah 20 mg kuersetin, dengan dosis tiga kali sehari.

Ketiga, menghilangkan plak otak penyebab Alzheimer. Penelitian tahun 2004 di University of California menunjukkan bahwa kurkumin dapat menghambat penumpukan senyawa beta amiloid yang merusak otak penderita penyakit Alzheimer. Dan juga menguraikan plak-plak yang telah ada sebelumnya.

Tidak ada salahnya sesekali kita mengkonsumsi jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh.

(berbagai sumber

SHARE