Waspada Tomat Dalam Kemasan Plastik

0
61

.Begitu melihat tomat yang merah ranum dan segar, rasanya langsung diingatkan untuk hidup sehat bersama tomat. Dengan kandungan vitamin A, vitamin C dan senyawa lycopene yang tidak tergantikan di buah lain, tomat menjadi pilihan buah yang mutlak untuk kecantikan kulit Anda.

Bagi Anda yang sering berbelanja di supermarket, tentu sering menjumpai buah tomat yang dikemas dalam plastik bening dengan alas styrofoam. Dengan pelindung plastik polyethylene ini, penampakan buah memang terlihat lebih bagus karena berkilap.

Selain itu, Anda dapat membeli tomat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak sesuai dengan kebutuhan karena biasanya jumlah buah tomat yang dikemas dengan cara ini hanya sedikit.

Namun, Anda harus waspada dengan buah tomat yang dikemas dengan plastik polyethylene. Tomat adalah buah yang aktif memproduksi gas ethilen yang dapat bereaksi dengan plastik polyethylene.

Hasil reaksi ini membentuk rantai panjang thylene yang mudah bereaksi dengan lapisan lilin kulit tomat dan tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, jika Anda membeli tomat dalam kemasan ini sebaiknya dikupas kulitnya sebelum dikonsumsi.

Sebaiknya belilah tomat yang masih belum dikemas, dengan bentuk yang ranum, bebas luka dan cacat serta masih keras dagingnya. Dengan membeli tomat kiloan, Anda bisa memilih sendiri tomat yang ingin dibeli, tomat bebas dari reaksi plastik pembungkus polyethylene dan dapat disimpan lebih lama.

Pada tomat kemasan, biasanya kualitas buah beragam dan kadang-kadang terdapat luka memar karena tertekan oleh plastik pembungkus. Buah yang sudah memar akan lebih mudah busuk dan terserang jamur.

Tentu Anda tidak ingin buah tomat Anda menjadi tidak berguna lagi kan? Karena itu teliti saat memilih tomat.

(berbagai sumber)

SHARE