Waspadai Mulut Kering

0
296

.Pernah mengalami mulut terasa sangat kering dan bibir pecah-pecah? Hati-hati, jika tidak segera ditanggani akan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda yang lain.

Mulut kering adalah suatu kondisi dimana mulut mengalami penurun produksi saliva atau air liur karena kelanjar saliva tidak berkerja dengan sebagaimana mestinya. Keadaan seperti ini biasanya dipicu oleh stres atau rasa kegelisahan yang berlebihan, jika terjadi terus menerus akan berbahaya bagi kesehatan kita. Karena seseorang yang menderita mulut kering kronis akan mengalami kesulitan dalam mengunyah dan berbicara.

Ternyata, mulut kering juga dapat mengindikasi terjadinya penyakit lain seperti, parkinson, diabetes dan sindrom sjogren (penyakit peradangan sistemik). Untuk itu, segeralah hubungi dokter gigi jika Anda mengalami gejala mulut kering dalam jangka waktu yang lama.

Setiap orang memunyai gejala mulut kering yang berbeda-beda. Tapi, ciri-ciri umumnya seperti, mulut terasa kering dan lengket. Ada sensasi panas di dalam mulut, bibir pecah-pecah, lidah terasa kasar, dan terdapat nyeri pada mulut serta gusi, sehingga menghambat kita untuk makan, mengunyah dan berbicara.

Saliva dapat membantu proses pencernaan dan mempermudah kita untuk megunyah serta menelan makanan. Proses penceranaan akan terganggu jika mulut kita kering. Saliva atau air liur merupakan cairan yang sangat penting bagi tubuh dan memegang peranan dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi kita.

Tugas air liur adalah membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gusi dan gigi kita, serta menetralkan asam mulut yang dapat merusak email gigi.Tanpa adanya saliva, kita bisa memperbesar risiko terjadinya infeksi mulut, seperti sariwan karena tidak ada yang mengontrol pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam mulut

Cara mengatasi
Dokter gigi akan memberikan resep obat agar kelenjar saliva kembali bekerja dengan baik. Tidak hanya obat dari dokter gigi saja, peran serta Anda juga harus melakukan perawatan sendiri untuk mempercepat proses penyembuhan. Contoh paling sederahana, minumlah air putih yang banyak agar mulut tetap basah. Menguyah permen sugar-free atau permen karet akan membantu produksi kelenjar saliva secara alami. Hindari permen (non sugar-free), makanan yang panas, kafein dan penggunaan obat kumur yang mengadung alkohol, karena itu akan membuat mulut kita lebih kering.

(berbagai sumber)

SHARE