Ayo Bergerak, Jangan Banyak Duduk!

0
52

.Sebuah penelitian terbaru mengingatkan kita agar tidak hanya duduk sepanjang hari. Sebab, duduk dalam waktu yang terlalu lama akan mengundang berbagai macam penyakit bagi tubuh.

Coba hitung berapa lama kita duduk sepanjang hari. Mulai dari di depan televisi sambil menikmati makanan, mengerjakan proyek kantor di belakang komputer, sampai membaca buku sebelum tidur. Setelah itu, hitung lagi berapa lama kita menggerakkan tubuh kita. Jika perbandingannya lebih banyak duduk maka sebaiknya kita berhati-hati.

British Journal of Sports Medicine menyebutkan, terlalu lama duduk membuat banyak orang mengalami kegemukan yang kemudian diikuti dengan serangan jantung yang mematikan. Itu mengapa penelitian yang dilakukan Elin Ekblom-Bak dari Swedish School of Sport and Health Sciences, menyimpulkan menggerakan badan adalah hal yang menyehatkan. Karena saat kita terlalu lama duduk, tubuh mengartikannya sebagai tanda bahaya.

Salah satunya, Ekblom-Bak menambahkan, gen pengendali kadar glukosa dan lemak tubuh akan mati akibat tanda bahaya tersebut. Ini kemudian membuat tubuh bekerja dalam keadaan tidak seimbang, sehingga glukosa dan lemak diproduksi secara berlebihan. “Bahkan untuk orang yang rutin berolahraga pun, duduk terlalu lama tetap diartikan sebagai keadaan yang berbahaya bagi tubuh.” katanya.

Penelitian ini dilakukan terhadap 17 ribu warga Canada yang ternyata lebih dari lusinan orang terbiasa duduk dalam waktu lama. Mereka inilah yang dideteksi lebih berisiko mengalami kematian akibat serangan jantung. Risiko lebih besar dialami oleh mereka yang tidak pernah berolahraga. Yang terpenting adalah, kita jangan lupa untuk sesekali melakukan peregangan otot dengan gerakan-gerakan kecil.

Di Amerika pernah dilakukan survei sepanjang 2003-2004 yang menemukan fakta, sebagian besar warganya menghabiskan separuh hidupnya dengan duduk. Itu mengapa sampai saat ini, kedua peneliti masih melakukan penelitian lanjutan untuk mendapat durasi yang jelas dari duduk terlalu lama.

Jadi mulailah bergerak, jangan terlalu mengandalkan teknologi untuk melakukan aktivitas. Jika kita bisa menghampiri teman untuk meminta laporan, lakukanlah jangan hanya mengirimkan e-mail. Setidaknya ini membuat tubuh kita bergerak.

(berbagai sumber)

SHARE