Lemak Jahat Dibalik Makanan Lezat

0
29

.Lemak adalah sesuatu yang menjadi momok dan sering Anda jauhi, terlebih lagi lemak jahat. Sekalipun produk-produk ini mengaku bahwa mereka bebas lemak dan tidak mengandung lemak jahat, Anda harus waspada.

Sereal Sarapan
Bila Anda penyuka sarapan dengan menu sereal, perhatikan komposisi bahan pembuatannya. Sekalipun bahan utama yang digunakan adalah gandum alami yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda, tetapi bila sereal Anda mengandung minyak nabati, maka ini indikasi yang kurang sehat. Cek label gizinya, jika kandungan saturated fat 0% maka produk sereal itu aman.

Selai Kacang Tanah Alami
Kacang tanah yang diolah dengan dipanggang atau direbus adalah asupan protein yang baik dan mengandung lemak baik untuk menurunkan kolesterol jahat, tetapi bagaimana dengan selai buatan pabrik? Sekalipun selai tersebut terbuat dari bahan alami, tetapi terkandung minyak kelapa sawit yang kita ketahui adalah sumber lemak jahat.

Candy Bars, Cookies dan Cake
Candy bars yang biasanya dibuat dengan coklat dan saus karamel yang lengket mengandung lemak jahat yang mengincar Anda. Sebenarnya coklat adalah bahan yang baik untuk menjaga kesehatan, hanya saja minyak kelapa sawit yang terkandung di dalamnya lagi-lagi menjadi pemicu lemak jahat. Bahkan lemak jahat dalam candy bars ukuran kecil lebih banyak daripada seporsi cheeseburger. Hal yang sama ditemukan pada cookies dan cake.

Keripik, Crackers, Dan Berbagai Camilan Asin
Tidak perlu banyak dijelaskan, produk-produk camilan dengan rasa gurih dan asin diolah dengan menggorengnya dengan minyak kelapa sawit. Sebagian diolah dengan mentega yang juga terbuat dari minyak kelapa sawit. Tinggi kalori, tinggi lemak jahat, mulai kurangi asupan cemilan jenis ini! Tidak ada alasan untuk menyukainya.

Pancake Instant
Anda menyukai pancake yang diolah sendiri dengan memasaknya tanpa minyak atau margarin di atas panci anti lengket? Ini memang sehat, tetapi bila Anda memakai tepung pancake instant, tepung itu biasanya telah dicampur dengan minyak kelapa sawit. Sehingga pada setiap pancake yang Anda santap mengandung setidaknya 2 gram lemak jahat.

Microwave Popcorn
Menyantap popcorn yang dibuat sendiri dengan bantuan microwave tampak seperti camilan yang sehat. Ini dengan asumsi bahwa Anda tidak menambahkan garam atau mentega saat memasaknya. Tetapi jika Anda memilih biji jagung yang telah diproses pabrik dan menjadi berbagai rasa sekalipun Anda tidak menambahkan bahan apapun, maka perlu waspada bahwa biji jagung itu sudah diproses dengan mentega dan minyak.

Tidak ada salahnya Anda sesekali menyantap makanan yang telah dijabarkan di atas. Tetapi ingat untuk menyeimbangkan pola makan Anda dengan sayur dan buah segar berserat yang selalu bersahabat dengan tubuh dan kesehatan.

(berbagai sumber)

SHARE