Makanan Larangan Untuk Si Kitty

0
61

.Jangan karena alasan mereka pemilih, kita menjadi berpikir kucing kesayangan mengerti betul makanan apa yang terbaik untuk mereka. Jaga kesehatan dan keselamatan hewan peliharaan kita, dengan mengetahui lima makanan yang seharusnya dihindari:

Tuna
Tidak salah menyuguhkan tuna untuk kucing. Akan menjadi masalah jika kita memberikan tuna yang diperuntukan untuk manusia secara rutin. Karena kebiasan ini akan memicu terjadinya malnutrisi. Asupan “manusia” tidak akan memberikan semua nutrisi yang kucing kita butuhkan. Selain itu, mengkonsumsi tuna secara berlebihan juga akan menyebabkan terjadinya keracunan merkuri.

Bawang bombay
Apapun bentuk bawang bombay yang kita punya, bubuk, mentah, ataupun sudah dimasak, bisa merusak sel darah merah kucing dan menyebabkan terjadinya anemia. Pemberian dalam jumlah dosis kecil mungkin tidak akan berbahaya. Tapi, mengkonsumsinya sekali dalam jumlah besar atau kuantitas kecil secara rutin bisa mengakibatkan keracunan bawang. Bersamaan dengan bawang bombay, bawang putih, dan lokio (sejenis bawang-bawangan) bisa mengganggu pencernaan.

Susu dan bahan olahan susu
Apa yang salah dengan memberikan kucing kesayangan kita semangkuk susu, atau sepotong keju? Mungkin untuk anak kucing yang memiliki sistem pencernaan yang masih berkembang, susu tidak bermasalah. Tapi tidak untuk kucing dewasa. Mengapa? Sistem pencernaan kucing dewasa tidak dirancang untuk memproses makanan kaya susu. Jadi hasilnya bisa mengganggu pencernaan dan memicu terjadi alergi makanan.

Telur mentah
Ada dua masalah yang dapat ditimbulkan jika kita memberikan telur mentah kepada kucing. Pertama adalah kemungkinan terjadinya keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri, seperti Salmonella atau E.Coli. Sedangkan kedua, kandungan enzim dalam telur mentah, avidin, akan mengganggu penyerapan vitamin B. Dan kondisi ini akan mengakibatkan masalah kulit pada kucing kita.

Hati
Mengkonsumsi hati secara cukup bisa menyehatkan. Tapi mengkonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan keracunan vitamin A. Yang nantinya akan berdampak pada kondisi tulang kucing, seperti cacat tulang, pertumbuhan tulang pada siku dan tulang belakang, atau osteoporosis. Selain itu, keracunan vitamin A juga bisa menyebabkan kematian.

Setelah kita mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari. Mari jaga kesehatan kucing kesayangan kita dengan selalu memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam mulut kecil mereka.

(berbagai sumber)

SHARE