Menjaga Mobil Bebas Penyakit

0
29

.Tidak hanya rumah saja yang perlu kita perhatikan kebersihannya, mobil juga perlu! Kondisi ‘rumah kedua’ yang tidak higienis akan membuat tubuh kita tidak fit. “Beberapa orang bisa mual, sakit kepala, bahkan asmanya kambuh, bila berada di dalam mobil yang jarang dibersihkan,” ujar Dr. Robert Simmons, ahli mikrobiologi dari University of California.

Jangan langsung membawa mobil ke salon, mari pelajari trik sederhana menjaga kebersihan mobil sendiri terlebih dahulu. Dan percaya, ini tidak sulit, kok!

Kisi-kisi AC
Ketika menyalakan air conditioner (AC) mobil akan meningkatkan jumlah bakteri dan jamur menjadi 2 kali lipat dan memenuhi kabin, jelas para peneliti dari Aston University. Kita bisa membersihkan kisi-kisi AC dengan menggunakan kuas kecil atau cotton bud.

Tips: Celupkan kuas atau cotton bud ke dalam cairan pembersih, lalu sapukan ke kisi-kisi secara perlahan. Tuntaskan dengan mengelap menggunakan kain micro fiber.

Jok mobil
Makanan dan hewan peliharaan adalah pemicu utama jok mobil menjadi kotor. Tumpahan makanan bisa mendatangkan serangga, sedangkan bulu binatang bisa memicu permasalahan pernapasan.

Tips: Bersihkan jok dengan cairan khusus, kemudian jemur selama 2 jam di bawah sinar matahari. Untuk pemilik jok kulit, kita bisa bersihkan dengan air hangat, lalu bubuhkan kondisioner khusus untuk kulit dan lap dengan kain.

Plafon
Kebiasaan membuka kaca dan merokok di mobil akan menyebabkan debu dan asap menempel serta menimbulkan bercak kotor pada plafon.

Tips: Bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner berdaya serap rendah untuk menyedot debu yang menempel. JIka plafon terbuat dari bahan kulit, mengelap dengan kain katun basah saja sudah cukup.

Karpet
Untuk menjangkau seluruh area karpet, kita bisa pakai vacuum cleaner. Jangan lupa gunakan cairan pembersih khusus karpet, lalu menjemur. 

Tips: Supaya menghindari timbulnya karat dan bau tak sedap, pastikan karpet benar-benar kering sebelum dimasukkan kembali ke dalam mobil.

Jaga kebersihan mobil agar penumpang senang berada di mobil Anda.

(berbagai sumber)

SHARE