Museum Paling Populer di Dunia

0
43

.Museum Louvre dari kota modis Paris kembali berhasil mempertahankan gelarnya sebagai museum paling populer di dunia, dan keberhasilannya tahun ini adalah untuk yang keempat kalinya secara berturut-turut. Sungguh sebuah prestasi yang patut diacungi jempol serta guyuran champagne.

Melalui hasil penghitungan pengunjung yang telah dilakukan, sepanjang tahun 2010 kemarin Museum Louvre berhasil menampung total sebanyak 8,5 juta orang, angka yang sama seperti yang berhasil mereka bukukan di tahun 2009 dan 2008.

Sementara itu British Museum dari Kota London dan Metropolitan Museum of Art dari New York berada di posisi dua dan tiga. Selama setahun kemarin British Museum dikunjungi oleh sekitar 5,8 juta pengunjung dan mengalami peningkatan sebesar 270.000 pengunjung dari tahun sebelumnya. Sedangkan Metropolitan Museum of Art “hanya” dikunjungi oleh 5,2 juta pengunjung, namun mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu sampai 326.000 pengunjung dibanding tahun 2009.

Tujuh museum lainnya yang paling banyak mendapatkan kunjungan selama tahun 2010 antara lain museum seni kontemporer Tate Modern di London, The National Gallery di kota London (juga), National Gallery of Art di Washington, DC., The Museum of Modern Art (MoMA) New York, Centre Georges Pompidou di kota Paris, National Museum of Korea di Kota Seoul, serta The Musee d’Orsay dari Paris.

Meskipun tahun ini Museum Nasional Tokyo belum juga berhasil menembus masuk dalam daftar teratas 10 museum paling dibanjiri di dunia, namun mereka berhasil menorehkan prestasi tersendiri. Dalam gelaran pameran retrospektif mengenang 400 tahun Hasegawa Tohaku (pelukis dari tahun 1500’an dan pendiri Hasegawa school of Japanese painting semasa periode Azuchi-Momoyama) yang diselenggarakan di bulan Maret tahun kemaren, pameran tersebut berhasil mendatangkan lebih dari 12.000 pengunjung setiap harinya dan menjadikan pameran ini sebagai pameran dengan pengunjung terbanyak di dunia. Pameran serupa yang digelar di Kyoto National Museum juga berhasil menarik kedatangan sekitar 9,000 pengunjung setiap harinya. Tentu ini adalah sebuah prestasi dan sekaligus pentuk apresiasi seni dan budaya yang sungguh luar biasa. Bagaimana dengan museum Indonesia??

(Berbagai sumber)

SHARE