Asal Usul Pizza Si Roti Bundar

0
34

.Pizza merupakan makanan enak yang sudah menjadi bagian dari menu sehari-hari ini, ternyata sudah ada sejak 3000 tahun lalu lho, wah lama juga ya.  Bahkan roti bundar tipis sebetulnya sudah ada sejak 6000 tahun lalu. Awal mula pizza dibuat yaitu sejak masuknya buah tomat ke negara tersebut.

Tomat pertama kali dikenalkan ke Italia dari Amerika selatan pada tahun 1522.  Pada awalnya tomat diyakini beracun.   Namun keraguan itu akhirnya pudar dan di abad ke-17 tomat mulai popular, serta dijadikan topping roti, inilah pizza pertama yang dibuat oleh manusia.

Seiring dengan kepopuleran tomat, keju mozzarella juga mulai mendapat tempat. Mozzarella mulai tersedia di Italia setelah susu kerbau diimpor dari India di abad ke-7. Mozzarella ini awalnya dibuat dari susu kerbau lho. Namun pemakaian keju dan tomat di pizza baru ada setelah tahun 1889.

Di tahun 1889, seorang pengusaha Italia bernama Don Raffaele Esposito membuat pizza dengan memasukkan tomat, keju mozzarella dan daun basil, bahan makanan yang mencitrakan warna bendera italia. Esposito ini menaminya margherita pizza yang diambil dari nama ratu Italia, Margherita Teresa Giovanni.  Saat inilah dimana pizza modern lahir.

Nah baru mulai pertengahan abad ke-19, pizza hijrah ke Amerika dibawa oleh orang-orang italia. Imigran Italia juga mulai memberanikan membuka bakery dan salah satu yang dijual adalah pizza. Gennaro Lombardi membuka resto pizza pertama di Amerika tahun 1905 di Spring Street, New York City, area yang dikenal sebagai “little Italy”.

(berbagai sumber)

SHARE