Benarkah Susu Mentah Lebih Sehat?

0
56

.Susu, mengandung nutrisi kasein yang tidak diragukan lagi dibutuhkan oleh tubuh. Kasein, bahan tinggi protein ini tidak ditemukan di makanan atau minuman lain. Selain itu, kasein juga menjadi sumber kalsium yang baik karena dapat langsung diserap oleh tubuh.

Beberapa waktu lalu, muncul pendapat yang menyatakan bahwa proses pemasakan pada susu, entah itu dimasak sendiri di rumah atau proses pasteurisasi di industri susu, menyebabkan kerusakan pada nutrisi susu. Ini berarti konsumsi susu yang paling baik adalah susu yang masih mentah.

Hal ini mendorong peternak-peternak susu menerapkan cara ternak yang steril dengan standar sanitasi yang tinggi, agar susu yang baru diperah cukup aman untuk dikonsumsi langsung oleh manusia. Namun, para ahli berpendapat bahwa susu yang tidak dimasak sangat rawan menyebabkan keracunan karena kontaminasi bakteri.

Sebanyak 22 negara bagian di Amerika melarang penjualan susu mentah langsung ke konsumen, sebagaimana Kanada, Australia dan Skotlandia. Kontaminasi bakteri pada susu memang sangat mudah terjadi karena susu sangat tinggi nutrisi yang tidak saja dibutuhkan oleh manusia, namun juga dicari oleh bakteri sebagai media untuk pertumbuhan mereka.

Belum lagi bakteri di kulit sapi perah dan di sekitar organ susu yang bisa ikut masuk dalam susu ketika diperah. Beberapa produsen mulai menjual susu mentah sebagai makanan sehat dengan jaminan pemerahan dan pengemasan yang steril.

Namun untuk amannya, sampai ada penelitian lebih lanjut, tetap lakukan pemanasan pada susu dalam waktu singkat untuk mematikan bakteri jahatnya.

(berbagai sumber)

SHARE