Hati-hati 10 Sumber Bakteri di Rumah

0
73

.Anda mungkin sudah yakin bahwa rumah Anda adalah tempat paling bersih dan bebas dari kuman. Karena Anda membersihkannya dua kali dalam sehari dengan cairan anti kuman yang kata iklan membersihkan kuman 99%. Tetapi benarkah rumah Anda sudah benar-benar bersih dari kuman?

Anda akan terkejut, bahwa ternyata di rumah Anda kuman masih merajalela, bahkan di tempat yang dianggap aman sekalipun. Inilah 10 sumber kuman yang ada di rumah Anda:

1. Handuk mandi

Apakah Anda berbagi handuk Anda dengan keluarga Anda? Suami, atau anak-anak mungkin? Hentikan kebiasaan ini! Mungkin hal itu memperlihatkan perhatian, kasih sayang dan kedekatan sesama anggota keluarga, tetapi sebenarnya Anda telah melakukan sebuah kesalahan. Karena handuk adalah sumber kuman yang harus Anda waspadai.

Tips: Ganti dan cuci handuk mandi Anda setiap minggunya, jangan lupa merendamnya dalam larutan anti bakteri. Anda mungkin tak suka baunya, tetapi larutan ini jauh lebih penting dibanding dengan larutan pelembut pakaian.

2. Sikat gigi

Ya benar! Sikat gigi mungkin adalah alat yang membantu Anda untuk membersihkan kotoran dan kuman nakal di dalam rongga mulut Anda. Tetapi tanpa bisa Anda bayangkan, sikat gigi sekaligus menjadi sumber kuman bagi Anda, apalagi jika dalam keadaan terbuka (tanpa pengaman).

Tips: Selalu ganti sikat gigi dengan yang baru setiap 3 bulan sekali
          Cuci dan rendam sikat gigi dengan air panas setiap hari
          Pastikan Anda membilas sikat gigi sampai bersih setelah Anda menggunakannya

3. Mesin cuci

Mencuci dengan tangan lebih sehat dan bersih ketimbang mencuci di laundry umum. Mengapa? Karena baju yang Anda kenakan merupakan media yang sangat baik untuk berkembangnya kuman. Dan dalam tempat laundry, terkadang mereka tanpa ragu akan menggabungkan pakaian Anda dengan pakaian orang lain, bisa dibayangkan kuman yang akan berpindah dari baju orang lain ke baju Anda.

Untuk itu, pisahkan pakaian bayi dari pakaian Anda. Bayi kerap kali memasukkan bagian bajunya ke dalam mulutnya. Rendam baju dengan antiseptik setelah mencucinya.

4. Keyboard komputer

Anda selalu mencuci tangan setelah dari toilet/WC, tetapi apakah Anda juga akan mencuci tangan setelah memegang keyboard seharian? Pasti jarang dilakukan, malahan Anda akan dengan santai mengetik di atas keyboard sambil ngemil snack tanpa ragu memasukkan ke dalam mulut Anda, ya kan?

Waspadai kebiasaan buruk Anda ini, karena kuman ada di atas keyboard, apalagi jika bukan hanya Anda saja yang menggunakannya.

Tips: Bersihkan keyboard secara rutin dan jangan biarkan debu dan kotoran tinggal di dalamnya
          Jangan mengetik sambil ngemil, karena kuman bisa masuk ke dalam mulut dengan bebas

5. karpet

Siapa bilang karpet Anda bebas kuman? Malahan di dalam karpet banyak kuman tinggal dan berkembang lho! Untuk itu Anda harus rajin membersihkan karpet. Vacum karpet agar kotoran dan debu tidak tinggal di dalamnya. Jangan biarkan sandal atau sepatu dari luar rumah menginjak-injak karpet Anda sehingga tak ada kuman dari luar yang migrasi ke dalam karpet Anda.

6. Sepatu dan sandal

Kedua benda tersebut adalah yang paling sering menemani Anda di luar ruangan. Untuk itu selalu cuci bersih sandal dan sepatu secara rutin, jangan biarkan lumpur dan aneka debu kotor menempel terlalu lama, karena bisa saja di dalamnya terkandung kuman yang tak terduga.

7. Tempat tidur

Anda mungkin mengganti baju ketika akan tidur, tetapi bukan berarti ranjang Anda bebas kuman. Bagaimana dengan keringat yang menempel di bed cover? Bagaimana dengan cairan yang mungkin Anda keluarkan saat berhubungan intim dengan pasangan? Cuci bed cover dan gantikan sprei Anda setiap dua minggu sekali untuk meminimalisir kuman tersebut.

8. Botol kecap, saus, garam

Saking asyiknya menikmati makanan, Anda tak akan berpikir panjang untuk menyambar botol sambal atau saus di depan meja. Dan tebak, berapa banyak kuman yang ada di botol tersebut? Jumlah pastinya sampai saat ini tidak diketahui, tetapi menurut para peneliti, kuman yang terkandung di luar kemasan botol menyebabkan influenza dan batuk.

9. Lemari es

Lemari es/ kulkas menyimpan aneka bahan makanan, dan di sinilah ternyata kuman berkembang. Terutama jika Anda tidak mencuci sayur dan buah atau bahan lain sebelum masuk ke lemari pendingin. Untuk itu cuci terlebih dahulu sayur, buah atau daging yang akan Anda simpan di dalam lemari es, untuk meminimalisir kuman-kuman yang masih tertinggal di sana.

10. Bathtub

Asyik memang berendam di bathtub, tetapi waspada juga akan kuman yang tinggal di dalamnya. Bersihkan bathtub setelah memakainya, jangan biarkan kubangan air tidak dibuang terlalu lama.

Seringlah membersihkan seisi rumah, apalagi di tempat-tempat terbuka di mana bakteri mudah menempal.

(berbagai sumber)

SHARE