Nama 'Gariskan' Takdir Hidup Anak

0
21

.Akankah nama anak Anda menentukan takdirnya di masa depan? Dilansir dari Live Science, dalam beberapa tahun belakangan, para peneliti soaial psikologi banyak menghubungkan nama orang dengan keputusan-keputusan dalam hidup mereka.

Sebut saja keputusan untuk menikahi siapa, untuk tinggal di jalan apa, dan untuk memiliki profesi apa? Semua berdasarkan pada kesamaan nama antara hal-hal tersebut dan nama orang itu sendiri. Bagi orang-orang yang percaya, bahkan hal ini sudah ada dari Kitab Suci. Nama Abram berganti menjadi Abraham, yang dalam bahasa Ibrani berarti ‘ayah orang banyak’ dan Abraham pun benar menjadi ayah dari banyak orang. Namun di sini kita tidak akan membicarakan nama dari sisi agama.

Meski demikian, peneliti dan Universitas Pensilvania, Uri Simonsohn, meragukan teori ini. Menurutnya, kesamaan nama seseorang dengan nama perusahaan tempatnya bekerja lebih dikarenakan karena banyak orang mendirikan perusahaan menggunakan nama keluarga mereka. Firma hukum, misalnya, didirikan sebagai perusahaan keluarga. Wajar, bila salah seorang cucu pendiri merasa namanya mirip dengan nama firma hukum tempatnya bekerja tersebut. Kecenderungan untuk memiliki pekerjaan serupa dengan nama sudah semakin menghilang.

Lain dengan Simonsohn, Frederick Anseel sangat meyakini kebenaran teori tersebut. Nama merupakan ‘petunjuk’ takdir hidup seseorang. Nama Dennis, misalnya, makin banyak yang berprofesi sebagai dentist (dokter gigi). Begitu pula sebuah cerita mengenai sumbangan dana untuk korban badai Katrina. Seorang wanita bernama Katrina menjual lemon untuk menggalang dana bagi korban badai Katrina. Kebetulan? Who knows.

Anseel mengatakan, bahwa kita tidak boleh menghilangkan kemungkinan bahwa beberapa orang tidak menggunakan rasionya saat sedang memilih dan menentukan pekerjaannya. Riset yang dilakukannya menyimpulkan, bahwa seberapa serius pun seseorang menuju suatu profesi dan karir, selalu ada faktor-faktor lain yang ‘ikut campur’ dan turut berperan tanpa disadari. Itulah yang memungkinkan kesamaan nama seseorang dengan nama profesi, nama istri atau suami, atau nama apapun yang ada dalam takdir hidupnya kelak.

Benar atau tidaknya hal ini, tentu Anda setuju, dong, kalau nama yang Anda berikan pada buah hati adalah ungkapan doa dan harapan. Jadi, berikanlah nama yang bagus untuk si kecil!

(Berbagai sumber)

SHARE