Testosteron Biang Keladi Kenakalan Remaja

0
60

.Waktu masih kecil, dia imut-imut. Beranjak dewasa dan semakin besar, ia menjadi ‘amit-amit’. Itulah yang sering diungkapkan orang mengenai anak-anak. Bayi yang lucu, menggemaskan dan penurut seketika berubah menjadi monster seiring pertumbuhan dirinya.

Siapa yang tidak kewalahan menghadpi tingkah laku remaja? Mengurus orang gila bahkan lebih mudah. Berikan obat penenang, masalah pun selesai. Sebagai orangtua tidak mungkin, dong, kita ‘membius’ anak sendiri, hanya karena tidak tahan menghadapi kegilaannya?

Ini semua karena hormon. Ya, salahkan hormon! Perubahan dengan bahan bakar hormon di dalam tubuh buah hati membuatnya mengalami pertumbuhan dan persiapan untuk menjalani reproduksi nantinya.

Bila anak remaja menjadi sangat menyebalkan, hal ini lebih disebabkan oleh hormon testosteron. Testosteron sangat mempengaruhi perkembangan neuron di dalam otaknya. Perubahan dalam otaknya tersebut menyebabkan banyak konsekuensi perilaku.

Intinya, akibat hormon testosteron, anak menjadi orang yang canggung secara emosional, apatis terhadap lingkungan sekitar, dan kedewasaan hanya pada lapisan luar yang membuatnya banyak menentukan keputusan-keputusan konyol dan dangkal.

Mengetahui hal ini, bukan berarti anak remaja Anda di rumah memang ‘terlahir’ sebagai anak nakal. Ia hanya mengalami proses kedewasaan dan ‘kesempurnaan’. Banyak bersabar, ya!

(Berbagai sumber)

SHARE