Andrej Pejic: Model Androgini Terpopuler Saat Ini

0
96

.Salah satu kesayangan industri model saat ini, Andrej Pejic, tampil menakjubkan dalam Viva! Moda, majalah fashion ternama dari Polandia. Difoto oleh fotografer Marcin Tyszka, Andrej yang mengenakan pakaian yang terinspirasi dari gaya glam rock 1970-an, terlihat sangat cantik seperti biasanya. Namun, koleksi washed-out shirt, celana berwarna-warni, leather jacket dan jas hujan transparan membuat sisi kelaki-lakiannya muncul, padahal Andrej tampak lebih anggun dan mengagumkan ketika ia tampil dalam busana wanita. Sesungguhnya, siapakah Andrej?

Andrej Pejic yang lahir di Bosnia Herzegovina tahun 1991, sejak kecil selalu merasa dirinya berbeda dari laki-laki lain. Ia senang melakukan kegiatan perempuan seperti bermain boneka, serta tertarik pada gaun dan perhiasan. Ketika usia 17 tahun, ia bertemu seseorang yang mengetahui bakatnya, lalu foto-fotonya dikirimkan ke Chadwick Model dan Andrej pun memutuskan untuk menunda kuliah dan mengejar karirnya sebagai model. Setelah beberapa kali sukses tampil di Melbourne Fashion Week, Andrej memutuskan untuk mencoba peruntungan ke London, Paris atau Tokyo, meskipun tak ada yang dapat menjamin dengan pasti bahwa ia akan diterima dengan baik di kota-kota fashion tersebut.

Keputusan Andrej memang bukan hal yang mudah, ketika industri fashion sudah diperkaya dengan model-model cantik, seksi dan penuh kapabilitas, peluang untuk Andrej tampaknya tak luas. Namun, fotografer tampaknya menyukai Andrej karena ia mampu berpose profesional baik menjadi perempuan maupun laki-laki. “Para fotografer tampaknya menyadari kehadiran saya. Mereka berbicara tentang kelompok androgini ekstrim dan berkomentar banyak tentang tubuh saya yang sangat kurus dan wajah saya yang sangat lembut dan feminin.” ujar Andrej.

“Masyarakat dan nilai-nilai budaya telah berubah, terutama orang-orang muda. Mereka lebih menerima segala jenis seksualitas dan cara hidup. Hal ini mengingatkan saya pada tahun 1980-an dimana seksualitas yang ambigu mulai diterima dan orang-orang mampu untuk menampilkannya dan berkarya dengannya. Saya berpikir bahwa orang-orang dalam industri hiburan akan mudah bosan, apalagi sekarang ini stereotipe tertentu telah berkembang. Mereka butuh permainan yang baru.” imbuh Andrej yang sering dibanding-bandingkan dengan Lea.T, model transgender terkenal yang juga kontroversial.

Tahun 2010 adalah akselerasi karir yang hebat bagi Andrej. Di tahun itu ia menandatangani kontrak sebagai anggota dari Storm Model dan pada bulan April angsung muncul dalam editorial majalah Wonderland. Bulan Juni, ia menutup panggung musim semi Jean Paul Gaultier di Paris, yang menyebabkan gemparnya industri fashion. Semua orang, mulai dari model, desainer hingga pengamat mode menjulukinya sebagai rising star. Setelah itu, Andrej juga berjalan di pergelaran John Galliano, Paul Smith dan Raf Simon.

Kini Andrej telah menghiasi berbagai majalah dengan fashion taste tinggi seperti Vogue Hommes Jepang, Vogue Perancis, Vogue Italia, Arena Homme + dan iD. Pada awal tahun ini, Andrej bahkan terpilih menjadi wajah terbaru Marc Jacobs dan muncul bersama Karolina Kurkova untuk kampanye musim semi Jean Paul Gaultier. Ia juga menutup pertunjukan Jean Paul Gaultier couture di Paris, bulan Januari 2011. Melangkah di runway musim dingin Custo Barcelona, Paul Smith, Jeremy Scott, Robert Geller dan Odyn Vovk adalah kegiatannya yang lain. Majalah Photo French juga memilih untuk memotretnya pada bulan Maret lalu dan April ini ia memborong beberapa portfolio sekaligus, seperti pemotretan untuk majalah Dazed & Confused, Vogue Australia dan terakhir Viva! Mode Polandia.

Meski baru tiga tahun menekuni modeling, namun profesionalitas, tanggung jawab dan kemampuannya membuat Andrej mampu bekerjasama dengan fotografer terkenal seperti Mert Alas dan Marcus Piggot, Steven Meisel, Willy Vanderperre, Inez van Lamsweerde dan Vinoodh Matadin, Karim Sadli, Aitken Jolly, Sabine Villiard, Max Doyle, Jez Smith dan sebagainya. Andrej mengaku hingga saat ini ia belum ingin merubah kelaminnya, kecuali jika brand besar yang menjunjung keindahan tubuh seperti Victoria’s Secret memintanya bergabung.

(Berbagai sumber)

SHARE