Disiplin Dengan Jadwal Kegiatan Harian

0
55

.Seorang anak akan tumbuh besar menjadi orang yang berantakan bila tidak pernah dibiasakan untuk hidup teratur. Mengapa tidak memulainya dari sekarang?

Berikan dia sebuah buku catatan. Buku ini digunakan untuk mencatat jadwal kegiatannya sehari-hari. Bersama dengan Anda, buatlah tabel kegiatan untuknya dari mulai bangun tidur hingga tidur malam, dari hari Senin hingga Minggu. Dengan begini, hidupnya akan lebih teratur. Tidak ada lagi waktu terbuang sia-sia tak berguna, hanya karena habis digunakan untuk bermain petak umpet bersama temannya selama empat jam!

Selain itu, buku ini bisa dipakai untuk mencatat hal-hal penting yang harus dilakukannya pada tanggal-tanggal dan hari-hari tertentu. Minta dia memberikan tanda ‘checklist‘ di sebelah kanan atau kiri catatan, bila suatu hal sudah dilakukan. Ini mengurangi tragedi ‘lupa’ dan menjalani kegiatan tanpa persiapan.

Bersamaan dengan ‘to-do-list‘ di atas, berikan sebuah kalender di kamarnya. Setiap membuat catatan baru, minta dirinya langsung melingkari sebuah tanggal di kalender dengan spidol berwarna cerah kesukaannya. Warna mencolok akan menarik perhatian mata untuk terus melihat tanggal tersebut, sehingga ia tidak akan melupakan kegiatan tersebut.

Terapkan disiplin militer tanpa kekerasan. Tegas bukan berarti main tangan, kan? Hidup anak akan lebih terarah dan teratur. Ketika dewasa, ia akan merasa tidak nyaman bila ada hal-hal yang tidak rapi dan tidak terencana, karena ia sudah terbiasa being organized. Buktikan saja!

(Berbagai sumber)

SHARE