Jadikan Daging Burger Lebih Sehat

0
52

.Jika Anda ingin mengkonsumsi burger, sebaiknya membuatnya sendiri di rumah agar lebih sehat. Karena memanggang daging burger hingga renyah dengan panas yang berlebihan dapat menyebabkan senyawa heterocyclic aromatic amine (HAA) terbentuk. Bahannya, HAA dikaitkan sebagai pemicu semua jenis kanker, termasuk usus, payudara, perut, pankreas, dan prostat.

Memang benar, mengukus, merebus, atau memanggang dapat membentuk HAA, namun ada cara yang lebih sehat untuk memanggang makanan saat acara kumpul bersama teman dan keluarga.

Bumbui terlebi dulu. Beberapa HAA dapat hilang jika Anda membumbui daging setidaknya selama 10 menit sebelum dimasak. Coba minyak kanola atau zaitun, cuka anggur merah, saus teriyaki, atau air perasan jeruk sitrus yang dicampur dengan bawang putih, bawang merah, bumbu, dan rempah-rempah khususnya rosemary, yang menurut beberapa studi diketahui dapat mengurangi HAA.

Gunakan microwave. Panaskan daging selama 1,5 sampai 2 menit sebelum dipanggang, dan buang serpihannya karena mereka mengandung bahan pembentuk HAA.

Kurangi suhu pemanggang. Jika Anda memiliki alat pemanggang gas yang dapat disesuaikan suhunya, atur suhu di 160-180 derajat celcius. Hindari memanggang lebih dari suhu tersebut karena dapat memicu terbentuknya HAA. Jangan mengandalkan warna untuk menentukan apakah daging burger sudah matang atau belum karena terkadang daging berwarna cokelat akibat campuran kecap atau bumbu yang digunakan.

Matang secara merata. Membolak-balik daging burger setiap satu menit akan membuatnya lebih cepat matang dan sedikit HAA yang akan terbentuk dibandingkan membalikkan daging agak lama.

Jika dimasak secara benar, mengkonsumsi daging burger tidak mengkhawatirkan lagi.

(berbagai sumber)

SHARE