Mainan yang Membuat Ibu dan Anak Bahagia

0
29

.Pilih mainan untuk si kecil tentu tidak hanya mempertimbangkan keamanan untuknya saja, namun juga melihat apakah mainan yang Anda berikan dapat membahagiakan Anda dan dirinya? Ada satu hal yang menghalangi terwujudnya kebahagiaan Anda dan anak dalam menyikapi mainannya. Hal tersebut tak lain adalah karena si kecil suka dengan kekacauan dan hal yang berantakan, sedang Anda tidak.

Contohnya, Crayola. Mainan gelembung tiup yang diproduksi oleh Hallmark Cards Inc., di Kansas City, Amerika akhirnya dapat menciptakan formula khusus rahasia, yakni gelembung-gelembung yang dapat mengapung dan berkilau dalam warna-warna tajam, cerah, dan ‘hidup’. Crayola mulai dijual sejak bulan Februari dengan harga US$ 10 untuk satu pak, yang berisi tiga botol gelembung. Gelembung-gelembung pun sukses terjual.

Sukses terjual ternyata menuai banyak kritik dan keluhan. Ibu-ibu yang membelikan anaknya Crayola mengaku kecewa, karena gelembung berwarna yang pecah dan menempel d baju, sofa, karpet, dan dinding mereka tidak dapat hilang, bahkan menempel permanen. Ini tidak sesuai dengan janji produsen yang mengatakan bahwa gelembung tidak akan meninggalkan noda dan dapat dicuci serta dibersihkan. Seorang ibu mengatakan, bahwa gelembung oranye – bagaikan warna matahari tenggelam – yang menempel di karpetnya menimbulkan noda warna merah darah. Ibu lainnya mengungkapkan kekesalannya karena setelah anak-anaknya bermain dengan gelembung biru, mereka ‘berubah’ menjadi Smurf (tokoh kartun bertubuh biru).

Pihak Hallmark Cards menyanggah pernyataan yang mengatakan bahwa noda gelembung Crayola akan menempel permanen. Hallmark Cards membela diri dengan mengatakan bahwa produk mereka bisa dicuci jika digunakan dengan benar. Hujan akan segera mencuci warna tersebut, matahari akan memupusnya, dan dengan sedikit sabun serta air, maka warna itu akan dapat dihapus dari kulit. Bahkan perusahaan sudah menekankan bahwa mencuci baju berulang kali harus dilakukan bila memang diperlukan.

Hallmark Cards tidak berbohong. Sebagai orangtua memang harus teliti membeli mainan. Pada kemasan botol Crayola, terhadap catatan yang ditulis dengan huruf kecil, bunyinya, “Sebelum digunakan, tes dulu di tempat yang tidak menyolok dan biarkan hingga kering. Cucilah untuk memastikan gelembung tidak meninggalkan noda. Jangan digunakan di acara pernikahan atu tempat-tempat tertutup (indoors). Jauhkan dari batu bata, kayu, kertas dinding, karpet, dan segala macam bahan lain yang tidak dapat dicuci.” Para orangtua telah diperingatkan – meski dengan catatan kecil. Bahkan bila mereka membaca dengan seksama, merek akan menemukan cara menghilangkan noda gelembung. Tertulis, “Segera cuci noda gelembung dengan air panas. Namun tanpa perawatan khusus, noda justru akan bertambah parah.”

Produsen mainan tidak akan pernah perduli apa yang diakibatkan mainan mereka terhadap anak-anak Anda. Andalah yang harus disalahkan, bila mainan tersebut ‘merugikan’ si kecil. Masalahnya, si kecil tak akan merasa dirugikan, karena mereka mencintai kekacauan. Yes, kids love messy! Namun apakah kekacauan tersebut memperindah rumah yang turut menjadi korban kekacauan mainan?

Jangan biarkan mainan menjadi penyebab rumah, anak, dan diri Anda berantakan. Teliti sebelum membeli agar Anda dan anak sama-sama senang dan puas dengan mainan yang telah dibeli.

(Berbagai sumber)

SHARE