Ouch! Ketika Gigi Sensitif

0
45

.Es krim salah satu menu favorit yang sayang apabila ditolak. Rasanya yang beragam, manis dan lembut meleleh di dalam mulut perlahan membuat banyak orang menyukainya. Belum lagi jika ada ekstra cokelat atau kacang almond, dan potongan kismis, Anda tentu tak rela kehabisan.

Namun jika karena nikmatnya es krim akhirnya membuat gigi Anda ngilu dan begadang semalaman, tentu Anda memilih untuk mundur, serta membayangkan kelezatannya di angan saja.

Gigi sensitif mungkin salah satu penyebab Anda tidak dapat menikmati es krim dengan tenang. Bukan itu saja, bahkan minuman hangat pun membuat gigi juga ngilu. Wah serba salah dong, jadi harus bagaimana? Mengunjungi dokter adalah pilihan utama, karena Anda akan mendapatkan perawatan spesial dengan bantuan dokter gigi yang sudah ahli.

Tetapi, ada beberapa cara praktis yang bisa Anda coba di rumah, untuk meminimalisir rasa sakit pada gigi sensitif dan perlahan membantu gigi agar lebih kuat. Setidaknya ini akan membantu Anda lebih nyaman sebelum pergi berkonsultasi ke dokter gigi.

1. Ganti pasta gigi Anda

Faktor utama yang paling penting adalah pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang memang dibuat untuk gigi sensitif, perlindungannya akan lebih maksimal ketimbang pasta gigi biasa. Lupakan memilih pasta gigi biasa, ini tidak akan membantu Anda, jika salah pilih pasta gigi gusi akan berdarah dan rasa ngilu tidak akan pernah hilang.

2. Gunakan sikat gigi khusus

Untuk gigi sensitif, Anda harus memilih sikat gigi dengan bulu lembut. Gigi sensitif ibarat sesuatu yang sangat rapuh dan harus dibelai dengan lembut agar ia tidak rusak. Selain itu Anda juga harus menyikat gigi dengan lembut, tidak kasar, ikuti cara menyikat gigi yang telah disarankan para dokter.

3. Mouthwash

Bukan sekedar penyegar mulut saja yang akan membantu menjaga kesehatan gigi sensitif Anda, tetapi mouthwash yang benar-benar aktif dengan bahan-bahan alami pengusir kuman-kuman di mulut. Mouthwash selain membantu menghilangkan bau mulut, juga mampu mencegah timbulnya kerak di gigi (yang semakin membuat gigi sensitif terasa ngilu).

4. Gantikan permen karet Anda

Mungkin Anda sangat nyaman mengunyah permen karet sambil melakukan aktivitas harian Anda. Tahukah Anda, kebiasaan mengunyah permen karet ini ternyata mempengaruhi kekuatan gigi. Penipisan dinding gigi dan gigi sensitif adalah akibat dari kebiasaan mengunyah permen karet (selain merokok yang juga memicu gigi sensitif).

Jika memang Anda adalah pecinta permen, lebih baik Anda memilih permen yang teksturnya keras. Memang tidak bisa dikunyah, namun ini akan mencegah kondisi gigi menjadi lebih sensitif.

(berbagai sumber)

SHARE