Ssttt, Ini Rahasia Pria Membakar Kalori

0
34

.Pria dan wanita memiliki cara yang berbeda mengurangi berat badan. Saat berdiet, pria tak meninggalkan semua makanan kegemarannya, tetapi berat badan mereka menurun di akhir diet.

Tubuh pria secara alami memang mengalami metabolisme yang menurunkan berat badan lebih cepat. Massa otot yang lebih banyak membantu tubuh pria membakar kalori 30 persen lebih banyak dibandingkan wanita.

Berikut beberapa tips menurunkan berat badan pria yang bisa ditiru wanita:

Pria Mengangkat Beban Lebih Berat

Saat berada di pusat kebugaran, wanita terlihat lebih banyak melakukan gerakan olahraga. Para ahli mengatakan saat berolahraga pria melakukan latihan yang langsung bertujuan membentuk tubuh yang ideal dengan latihan yang lebih berat.

Lou Schuler, penulis buku The New Rules of Lifting menjelaskan, hasilnya, pria lebih cepat memperoleh hasil yang diinginkan. Sebaliknya, wanita memilih mengangkat beban yang lebih ringan dengan hasil yang lebih lama.

Wanita yang ingin memperoleh bentuk badan ideal, sebaiknya membuang dumble ringan. Perkuat latihan pada otot bisep dan trisep dengan dumble seberat 8-10 pon. Lakukan latihan sampai bisa mengangkat beban yang lebih berat. “Hasilnya, lemak di lengan akan berkurang dan otot lebih terbentuk,” kata Schuler.

Makan sebagai Balas Dendam

Saat wanita tertekan, makanan menjadi pelarian utama mereka. Itulah sebabnya diet wanita tidak seefektif pria yang melakukan diet serupa.   

Menurut Gloria Arenson, penulis buku Five Simple Steps to Emotional Healing, Anda sebaiknya membuat peringkat keadaan apa yang memicu keinginan makan meningkat dengan skala 1-10. Apakah karena mendapat masalah dalam pekerjaan? atau saat anak-anak rewel?

Setelah mengetahui faktor penyebab stres, Anda bisa belajar menangani keinginan makan yang berlebihan. “Latihan membuat Anda bisa mengendalikan makan berlebih,” ungkap Arenson.

3. Waktu Menyendiri

Pria cenderung menyembunyikan emosi yang mereka rasakan. Sebaliknya,  wanita cenderung berbagi dengan orang-orang terdekat. Bagi sebagian wanita, pengakuan emosi akan diikuti pembenaran agar mereka tidak merasa bersalah menyantap makanan lebih banyak.

Mulai saat ini, berikan waktu untuk diri Anda berpikir selama sejam, barulah kemudian ungkapkan perasaan Anda pada sahabat-sahabat.

4. Tidak Menghindari Menu Favorit

Ketika menjalani diet, wanita memaksa diri dan mengharamkan makanan kegemaran hingga mereka tidak kuat bertahan. Saat pertahanannya lemah, nafsu makan wanita bisa dua kali lipat lebih besar.

Pakar menemukan, pria yang sedang berdiet masih tetap menyantap makanan kegemaran mereka seperti popcorn dan burger ketika menonton pertandingan olahraga. “Tetapi porsi makanannya berkurang sepertiga lebih sedikit daripada porsi biasa,” ungkap peneliti obesitas di Universitas Toronto, Janet Polivy.

Dia menyarankan agar wanita yang berdiet tidak menghindari menu kegemaran seperti es krim dan kue coklat, tetapi kurangi saja porsinya.

(berbagai sumber)

SHARE