Keputusan FIFA Untuk PSSI

0
39

.Kemarin (4/4) FIFA mengeluarkan pernyataan mengenai kisruh persepakbolaan Indonesia di laman resminya.

Berikut keterangan lengkapnya:

“Sehubungan dengan kejadian di persepakbolaan Indonesia (PSSI), Komite Darurat FIFA memutuskan pada tanggal 1 April 2011, bahwa berdasarkan artikel 7 paragrap 2 dari statuta FIFA, Komite Normalisasi akan mengambil alih tugas Komite Eksekutif PSSI.

Komite Darurat FIFA (FIFA Emergency Commitee) menganggap kepengurusan PSSI yang sekarang tidak dapat mengontrol persepakbolaan Indonesia. Terbukti dengan kegagalan dalam mengontrol liga yang terpisah (LPI; Liga Primer Indonesia) atau dengan fakta lainnya yaitu gagal dalam menyelenggarakan kongres yang tujuan utamanya adalah untuk mengadopsi electoral code dan memilih Komisi Pemilihan. Berdasar itu, Komite Darurat FIFA berkesimpulan bahwa, Kepemimpinan PSSI sekarang telah kehilangan kredibilitas di Indonesia dan tidak dalam posisi untuk dapat menyelesaikan kiris yang terjadi.”

FIFA juga memberikan penjelasan rinci mengenai misi dari Komite Normalisasi dan siapa yang berhak berada didalamnya, serta tidak boleh mencalonkan kembali, calon yang telah ditolak.

“Misi dari Komite Normalisasi ini adalah: Mengorganisasikan pemilihan berdasarkan FIFA electoral code dan statuta PSSI sebelum 21 Mei 2011; membuat liga yang terpisah dalam kontrol PSSI atau menghentikannya secepat mungkin; menormalkan jalannya PSSI dalam semangat perbaikan persepakbolaan Indonesia.

Komite Normalisasi terdiri dari insan sepakbola Indonesia yang tidak akan menempati posisi apapun di kepengurusan PSSI dan akan bertindak sebagai komisi pemilihan. Juga diputuskan bahwa empat calon yang mengajukan menjadi Presiden PSSI yang telah ditolak oleh Komisi Banding PSSI pada 28 Februari 2011, tidak layak dicalonkan kembali.”

(Berbagai sumber)

SHARE