Memilih Wadah Plastik yang Aman

0
52

.Maraknya himbauan untuk berhati-hati menggunakan produk kemasan plastik membuat kita semakin takut. Apa sih yang aman untuk kita gunakan? Yang ini tak aman yang itu juga tak aman. Jika plastik juga tak boleh digunakan, lalu harus diganti dengan apa?

Kemasan plastik yang Anda gunakan tak harus diganti. Karena tak semua kemasan plastik tidak aman untuk dipakai. Ketakutan yang sebenarnya terjadi tatkala kemasan plastik Anda mengandung Bisphenol A, dan zat-zat lain yang berbahaya untuk kesehatan, oleh karena itu beberapa kemasan plastik dikatakan tidak berbahaya.

Bisphenol A adalah bahan yang digunakan dalam kemasan plastik untuk membuatnya lebih keras dan kuat. Berbagai penelitian soal bahaya Bisphenol A dilakukan, dan sampai sejauh ini diketahui bahwa Bisphenol A dapat menimbulkan hal berikut ini:

1. Mempengaruhi kekacauan hormon dan ketidakseimbangan perkembangan hormon manusia
2. Pada beberapa kasus Bisphenol A juga dapat menyebabkan keracunan
3. Menyebabkan penyempitan pembuluh darah
4. Memicu diabetes

Sampai saat ini penelitian terhadap Bisphenol A masih dikembangkan, namun tak ada salahnya jika Anda berhati-hati dan lebih cermat memilih kemasan plastik yang digunakan. Tak harus menolak dan membuang semuanya, namun lebih baik perhatikan aturan kemasan plastik mana saja yang aman untuk Anda.

Tips Aman:

1. Rata-rata kemasan plastik merupakan produk daur ulang, di setiap produk daur ulang tersebut terdapat label khusus yang menunjukkan keamanan kemasan. Produk plastik dengan label di atas nomer 4 kemungkinan besar mengandung Bisphenol A. Untuk itu selalu gunakan kemasan plastik dengan label nomer 1 – 4 yang aman dan tidak mengandung Bisphenol A.

2. Jangan memanaskan kemasan plastik di atas api baik secara langsung maupun tidak langsung, karena kita tidak tahu bahan kimia apa saja yang terdapat di dalamnya. Jadi hindari menuangkan masakan atau makanan panas ke wadah plastik agar bahan kimianya tidak menguap keluar.

3. Jangan menggunakan tas kresek atau pembungkus lain untuk membungkus secara langsung makanan yang Anda konsumsi, karena bisa saja bahan kimianya mempengaruhi makanan Anda.

Yuk, cek ulang kemasan yang Anda miliki, apakah masih aman untuk digunakan.

(berbagai sumber)

SHARE