Menu Makan Siang, Baiknya Apa Yah?

0
18

.Karena takut gemuk, akhirnya Anda menunda makan siang dan mengalihkan perhatian pada pekerjaan. Akibatnya tentu saja bisa ditebak, Anda jadi sakit!

Ingin menurunkan berat badan bukan berarti mengabaikan semua acara makan lho. Makan pagi, makan siang atau makan malam, sama pentingnya bagi tubuh Anda. Jika memang pada pagi hari Anda sudah mengisi dengan oat meal dan malam hari dengan buah, maka siang hari Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi yang lengkap.

Tak perlu takut gemuk, selama Anda tahu komposisi yang pas, tubuh akan tetap langsing sekaligus sehat. Nah, inilah beberapa menu makan siang yang dianjurkan oleh para ahli.

Karbohidrat Kompleks
Jangan keburu menghindar dan merasa takut mendengar kata karbohidrat. Bagaimanapun tubuh masih membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Saat Anda menghindar dari menu karbo, rasa lapar justru bertahan lebih lama, lho. Akibatnya Anda akan mengalihkan rasa lapar dengan ‘ngemil’ ini itu. Pantas saja berat badan tidak kunjung turun.

Lantas karbohidrat apa yang baik? Menurut Mark Spiellmann, RD, ahli nutrisi dari La Rabida Children’s Hospital, Chicago, whole grain adalah karbohidrat yang baik dan ramah bagi tubuh. Seperti dikutip dari Shine. Mark mengatakan, bahwa dalam whole grain (gandum-ganduman) terdapat fiber yang akan memperlancar pencernaan dan mampu mencegah kanker.

Sedangkan menurut Megan Moore, RD, seorang peneliti dari Baylor University Medical Center, Dallas “Kentang adalah karbohidrat yang kompleks dan baik untuk pencernaan. Karena proses cernanya lambat, maka tubuh tidak mudah lapar.” Kentang juga mengandung vitamin A, C dan membantu menyeimbangkan tekanan darah tinggi.

Jika menurut Anda, kedua menu karbo tersebut tidak cukup mengenyangkan, masih ada nasi merah yang juga kaya vitamin dan fiber.

Protein
Tubuh mencerna protein lebih lama daripada nutrisi lainnya, sehingga, protein sangat dianjurkan bagi Anda sebagai salah satu sumber energi yang tidak membuat mudah lapar. Salmon, ikan tuna, dada ayam tanpa lemak, tofu, kacang-kacangan, kalkun, telur dan daging sapi tanpa lemak sangat disarankan sebagai sumber protein saat diet.

Susu
Selain karbohidrat, susu juga sering membuat Anda takut kan? Namun, tubuh tetap membutuhkan support kalsium dari produk susu. Jika memang Anda masih kurang yakin, Anda bisa kok memilih susu lowfat, yogurt atau susu kedelai.

Buah-buahan
Selain sayuran, buah adalah sumber serat yang tinggi, dilengkapi dengan vitamin yang beraneka ragam. Apel, blueberry, mangga, jeruk, pisang, alpukat, adalah buah-buahan yang disarankan oleh Mark Spiellmann untuk menemani menu makan siang Anda.

Masih berminat mengabaikan makan siang? Sebaiknya jangan ya, karena dengan makan teratur, berat badan Anda akan mudah dikendalikan dan tubuh tetap sehat.

(berbagai sumber)

SHARE