Perayaan Ulang Tahun Ketiga Komunitas MPASI Rumahan

0
33

.Sabtu, 2 April 2011 lalu, Mama Koki Handal (MKH), mengadakan seminar, bazaar, dan demo masak di Kemang Village, Jakarta, untuk seluruh keluarga dalam rangka memperingati ulang tahun ketiga komunitas milis MPASI Rumahan.

MPASI adalah Makanan Pendamping ASI, yakni makanan lain yang bisa diberikan kepada si kecil – selain ASI – setelah dia berumur enam bulan. Milis MPASI Rumahan berarti adalah komunitas para ibu yang sering berbagi dan bertukar pengalaman tentang segala macam masalah dan sukacita memasak ‘dini’ (makanan pendamping ASI).

Milis ini ditujukan agar para ibu merasa menyiapkan makanan bayi yang dimasak sendiri adalah hal yang menyenangkan, meski sedikit merepotkan. Manfaat alam akan dirasakan si kecil melalui tangan ibunya sendiri. Anda bisa bergabung dengan masuk ke milis http://health.groups.yahoo.com/group/mpasirumahan/.

Seminar hari itu mengangkat topik Cara Handal Mengatasi Gerakan Tutup Mulut Anak. Seminar yang dibawakan oleh dr. Yossi Arioseno dan Alzena Masykouri M.Psi tersebut memberikan pencerahan pada banyak ibu yang kewalahan menghadapi anaknya yang mogok makan. Dikatakan bahwa anak berusia sembilan bulan hingga tiga tahun adalah mereka yang melakukan gerakan tutup mulut tersebut. Ini karena belum mampu berkomunikasi untuk mengatakan dirinya sudah kenyang atau bosan dengan makanan tertentu.

Jangan terlalu lama memberikan waktu makan pada si kecil. Cukup 45 menit. Komunikasikan dengan baik pada anak. Meski belum bisa diajak berbicara, Anda masih dapat ‘berkomunikasi’ dengannya melalui mimik muka ceria, menenangkan, sekaligus menyenangkan. Meski kesal, Anda harus tetap bersabar padanya. Buat anak merasa waktu makan adalah waktu yang menyenangkan, tanpa paksaan, dan bukan suatu kewajiban membosankan. Hentikan kebiasaan makan dengan melakukan aktifitas lain, seperti menonton TV atau berjalan-jalan. Ia akan mulai mengulum makanan tanpa menelannya dan mulai lupa bahwa ia sedang makan, karena asyik dengan kegiatannya yang lain. Anak seusia ini belum sanggup melakukan pekerjaan multitasking. Ia harus fokus makan. Dudukkan di meja makan dan mulai suapi dia.

Bila buah hati menolak dan merengek tidak mau makan di tempat, maka Anda harus bisa tegas padanya. Tapi jangan kasar, lho! Menjelang umur tiga tahun, anak akan mulai masuk tahap pengendalian. Ia akan mulai ‘banyak maunya’. Pilih-pilih makanan atau bahkan berusaha mengendalikan keadaan. Jangan terbawa. Anda tetap harus pegang kemudi. Tunjukkan bahwa Andalah yang memiliki kendali lebih. Jangan mengalah padanya. Minta ia selesaikan makannya dahulu, baru beraktifitas yang lain. Tidak ada toleransi. Ingat, Anda harus tetap tenang dan tersenyum padanya.

Sebagai orangtua, Anda harus tahu porsi makan dan kebiasaan makan si kecil. Bila ia terbiasa dengan makan cemilan. Ada baiknya Anda membatasi kuantitas cemilan sebelum ia melahap makan besar, agar perutnya tidak lebih dulu kenyang. Lebih baik lagi jika Anda menghentikan cemilan. Tidak ada cemilan sebelum makan besar. Bisa, kan? Susu pun demikian. Jangan berikan susu menjelang makan. Jumlah susu bisa dikurangi agar anak tetap lapar, sehingga pada waktu makan, ia akan makan dalam porsi banyak dan cukup. Tidak ada lagi gerakan tutup mulut, deh!

Selesai seminar, para orangtua dapat melihat-lihat bazaar yang ada di lantai bawah. Beberapa merk susu, baju anak, makanan, dan lain-lain ditawarkan di sana. Acara pun semakin meriah dengan adanya demo masak MPASI rumahan, seperti mie ayam hijau dan kue-kue kering buatan tangan sendiri. Seru!

Kebahagiaan komunitas MPASI Rumahan merayakan ulangtahun ketiganya memberikan banyak manfaat pada banyak keluarga. Happy third birthday!

(Ghiboo)

SHARE