Tsurunoyu Haute Winter

0
40

.Tiga jam perjalanan naik kereta dari Tokyo terus ke arah utara menuju Tsurunoyu Onsen di Prefektur Akita, Anda akan mendapati sebuah kenyataan yang mengejutkan. Meskipun Tsurunoyu dikenal dan terkenal sebagai sebuah onsen, namun sebenarnya salah satu pemandian air panas tradisional paling bersejarah di Jepang ini ternyata bukanlah onsen sama sekali. Karena lokasi Tsurunoyu yang tersembunyi, dia lebih pantas untuk disebut sebagai sebuah hitou dibanding onsen.

Mata air panas dan pondok penginapan Tsurunoyu berlokasi di antara bukit-bukit dan jurang. Pondok aslinya terlihat begitu sederhana, berupa dinding tipis yang diapit oleh struktur dan atap dari kayu yang terawat selama puluhan tahun, dan di tengah-tengahnya terdapat sebuah kolam dengan gelembung mata air panas mengalir naik dari dalam tanah. Sampai terjadinya Perang Dunia II, sumber mata air panas Tsurunoyu berfungsi seperti sebuah sanatorium, dimana orang-orang yang sakit dan terluka datang ke sini untuk berendam dan melakukan terapi pengobatan melalui limpahan mineral yang dikandung air Tsurunoyu. Dalam radius 20 mil, setidaknya ada lebih dari beberapa lusin onsen yang menempati kawasan wisata di Akita. Tujuh yang paling terkenal berada dalam satu kawasan yang terkenal sebagai kawasan wisata Nyuto onsen, dan Tsurunoyu adalah salah satunya. Namun yang membuat Tsurunoyu menjadi begitu istimewa dibanding tujuh onsen dan lusinan lainnya adalah karena Tsurunoyu yang tertua dan sekaligus yang paling indah dari semua penginapan bermata air panas di kawasan Prefektur Akita.

Tsurunoyu juga banyak dikunjungi oleh wisatawan internasional, terutama para wisatawan dari Jerman, Austria, Kanada, Australia, Italia dan Taiwan yang ingin menikmati pengalaman liburan a la Alpine di Jepang. Lokasi Tsurunoyu yang juga masih berada dalam kawasan Taman Nasional Towada-Hachimantai memiliki sebuah jalan setapak yang menghubungkannya dengan tujuh onsen paling terkenal di Nyuto. Bukit-bukit di sekitarnya dapat Anda jelajahi dalam waktu kurang dari dua jam dan ada juga lereng ski di dekatnya. Tak jauh dari Tsurunoyu, Anda dapat menikmati danau cantik Tazawa yang memiliki air biru jernih dan dihiasi dengan deretan perahu yang dapat Anda sewa. Dan hanya beberapa kilometer kemudian, Anda dapat singgah ke Kakunodate, kota yang dikenal karena koleksi rumah para samurai yang terawat baik serta memiliki salah satu festival Sakura mekar terbaik di Jepang.

(Berbagai sumber)

SHARE