Mengantuk, Minum Kopi Atau Tidur Sebentar?

0
58

.Apa yang biasanya Anda lakukan bila rasa kantuk mulai menggoda? Tidur siang sebentar ataukah minum kopi? Mana dari keduanya yang lebih bersahabat bagi kesehatan? Let’s find out!

Mungkin sama seperti kebanyakan orang, Anda akan menenggak secangkir kopi untuk menghilangkan rasa kantuk yang ada. Namun sebuah riset yang dilakukan Patricia Sagaspe, PhD, di Clinique du Sommeil, Perancis, terhadap 24 orang membuktikan bahwa tidur walaupun hanya sebentar, jauh lebih efektif untuk menghilangkan rasa kantuk dibandingkan minum kopi.

Riset mengambil 12 pemuda berusia 20-25 tahun, serta 12 orang tua berusia 40-50 tahun. Para peserta diminta untuk berkendara sejauh 125 mil pada malam hari antara pukul 18.00 – 19.30. Kemudian, untuk mengetes perbedaan efek kopi dan tidur siang, sesudah berkendara petang itu, sebagian peserta diberi secangkir kopi dengan kandungan 200 mg kafein, sedangkan sisanya diminta untuk tidur selama 30 menit.

Sesudah itu, para peserta diminta berkendara lagi pada pukul 2.00 – 3.30 pagi. Hasilnya, peserta yang mengkonsumsi kopi menemukan dirinya merasa lebih mengantuk saat berkendara jika dibandingkan yang tidur sebentar.

Dari hasil riset tersebut, tampak jelas bahwa manfaat tidur sebentar tidak bisa dipandang remeh. Ada khasiat lebih dari tidur sebentar yang bisa membantu tubuh kita kembali segar, sehingga siap untuk melakukan aktivitas berikutnya.

Jadi, bila Anda merasakan kepenatan dan kantuk yang luar biasa, ada baiknya meluangkan sedikit waktu untuk memejamkan mata sebelum melanjutkan aktivitas kembali. Dijamin, Anda lebih produktif dan penuh konsentrasi setelah bangun.

(berbagai sumber)

SHARE