Olahraga Tak Teratur Bahayakan Kesehatan

0
42

.Jika selama ini banyak artikel Ghiboo yang mengulas dampak baik dari olahraga untuk kesehatan Anda. Rasanya semua ahli kesehatan setuju bahwa olahraga yang sesuai dengan kapasitas tubuh akan baik untuk menjaga tubuh Anda selalu fit. Selain itu, bentuk tubuh Anda akan terjaga dan jarum timbangan berada pada angka yang menggembirakan.

Namun apakah Anda sudah menjadikan olahraga sebagai menu keseharian? Jika sudah, maka selamat, Anda harus menjaga rutinitas tersebut. Jika belum, dan Anda mempertimbangkan untuk menjadikan olahraga masuk ke dalam aktivitas sehari-hari, maka pastikan bahwa Anda akan teratur melakukannya. Karena yang dibutuhkan tubuh Anda adalah olahraga yang teratur, bukan sekedar, sebulan rajin olahraga, bulan selanjutnya tidak.

Para ahli diet mengatakan bahwa, lebih baik tidak memulai olahraga apapun jika Anda tidak yakin akan melakukannya dengan teratur. Mengapa? Karena jika Anda teratur berolahraga, lalu ada jeda waktu yang lama untuk tidak berolahraga, maka kemungkinan tubuh akan bertambah berat lebih cepat.

Para ahli di The Lawrence Berkeley National Laboratory juga sependapat dalam hal ini. Sekalipun banyak yang mengatakan bahwa ide tersebut mengada-ada, tetapi beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang rutin berlari lalu melepaskan rutinitas ini didapati bahwa mereka berpotensi mengalami kenaikan berat badan yang lebih cepat. Hal ini bisa jadi disebabkan bahwa asupan makan mereka sama, bahkan lebih banyak tetapi sedikit membuang kalori dengan berhenti berolahraga.

Kenaikan berat badan yang cepat tentunya tidak baik bagi tubuh, terutama jantung dan paru-paru. Jika sebelumnya jantung dan paru-paru sudah terbiasa dilatih dengan olahraga yang teratur, maka dengan tidak adanya latihan plus penambahan berat badan yang cepat. Hal ini bisa memberatkan kerja jantung dan paru-paru, termasuk kenaikan risiko terserang diabetes.

Jadi jika Anda berniat olahraga, pastikan juga ada niat untuk teratur melakukannya.

(berbagai sumber)

SHARE