Pilih Susu Atau Kedelai?

0
29

.Reputasi susu bebas lemak sebagai pemberantas lemak memang sudah tidak diragukan lagi. Tetapi sekarang, produk calcium-fortified, seperti susu kedelai, juga dikatakan memiliki khasiat yang sama.  Dari sebuah studi yang dipublikasikan dalam the Journal of the American Dietetic Association, para ahli nutrisi dari Northern Illinois University telah meneliti 14 wanita.

Sebanyak 14 wanita itu diberikan menu diet dengan mengurangi kadar kalori, termasuk pemberian tiga cangkir susu bebas lemak atau susu kedelai setiap hari. Dengan catatan, mereka mengkonsumsi jumlah kalori, lemak, kalsium dan vitamin D yang sama.

Setelah 8 minggu, kedua kelompok tersebut menunjukkan angka penurunan kilogram berat bedan dan persentase lemak tubuh yang sama. Mereka juga mengalami penyusutan lingkar perut dengan angka yang sama.

Jadi, usahakan kita mendapatkan asupan kalsium sebesar 1.000-1.200 mg setiap harinya. Jika ingin memilih susu kedelai, pastikan susu tersebut diperkaya setidaknya 30% dari kebutuhan kalsium harian kita di setiap porsinya.

(berbagai sumber)

SHARE