PMS 911

0
33

.Meski lama siklus menstruasi yang dialami setiap wanita berbeda-beda, namun semua wanita pasti mengalami yang menstruasi. Ada wanita yang mendapat siklus menstruasi secara teratur setiap bulannya, sedangkan yang lain mungkin tidak.

Ada juga wanita yang mengalami menstruasi selama 10 hari, sedangkan lainnya hanya tiga hari saja. Hal-hal semacam ini masih tergolong normal. Namun, bagaimana Anda bisa mengetahui bila ternyata siklus menstruasi Anda menyimpang dari jalur normal?

Ada beberapa gejala yang bisa menjadi petunjuk bahwa seorang wanita harus segera menemui dokter berkaitan dengan gangguan siklus menstruasi yang mungkin dialami. Berikut beberapa di antaranya.

– Jika siklus mulai tidak teratur padahal sebelumnya selalu teratur, Anda tidak perlu khawatir. Siklus yang terkadang tidak teratur dapat dipengaruhi oleh stres, kurang tidur, dan pola makan tidak sehat.

– Jika siklus berulang dua kali dalam sebulan, atau kurang dari jangka waktu 21 hari, secara teknis, hal ini menandakan adanya gangguan pada hormon.

– Jika siklus lebih dari 35 hari, atau tiba-tiba menjadi lebih lama atau kurang dari itu, dan jika darah yang keluar amat banyak sehingga memaksa Anda mengganti pembalut satu hingga atau dua kali setiap jam, coba periksakan ke dokter.

– Jika Anda menderita sakit atau kram perut yang amat sangat, sebelum memeriksakan diri ke dokter, Anda bisa mencoba meredakan sakitnya dengan air hangat, baik itu saat mandi, maupun saat minum. Air hangat bisa meringankan sakit PMS yang dialami.

– Jika mens berhenti, padahal Anda tidak sedang hamil. Hal ini bisa menunjukkan adanya gangguan yang berkaitan dengan masalah kesuburan, lebih baik segera periksa saja.

– Jika hingga usia 17 tahun, Anda belum mendapatkan menstruasi sama sekali. Memang saat pertama mens pada setiap wanita berbeda, ada yang sudah dapat ketika berumur 9 tahun, namun ada pula yang baru dapat saat menginjak usia 16 tahun. Namun, jika belum dapat juga hingga usia 17 tahun, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Selalu teliti menghitung siklus bulanan Anda.

(berbagai sumber)

SHARE