Baca Aturan, Sebelum Mengkonsumsi Vitamin

0
52

.Banyak orang mengonsumsi kapsul vitamin karena merasa cukup praktis untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Bahkan beberapa diantara kita berpikiran, semakin besar manfaat bagi tubuh apabila kita mengonsumsi beberapa jenis sekaligus. Lalu bagaimana persepsi ini dari sisi kesehatan?

Menurut ahli spesialis farmakologi, vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil, namun tak diproduksi tubuh. Hal itu mengapa kita mendapatkannya dari luar tubuh dengan cara memilih makanan sehat.
Secara umum, vitamin digolongkan menjadi vitamin larut air, yaitu vitamin B dan C, serta vitamin larut dalam lemak, yakni vitamin A, D, E, dan K.

Proses metabolisme dan eksresi vitamin larut dalam lemak lebih lambat ketimbang vitamin larut air. Bila kita mengonsumsinya secara berlebihan, akan terjadi efek samping bahkan sampai efek toksik. Maka untuk mengetahui kebutuhan vitamin, kita dapat mengacu pada data RDA atau Recommended Dietery  Allowance.

Pada vitamin-vitamin tertentu memang lebih bermanfaat bila dikonsumsi secara bersamaan. Vitamin A dan C, misalnya, melindungi kerusakan akibat oksidasi. Disamping itu, penelitian juga mengatakan suplemenasi vitamin C dapat meningkatkan kadar plasma vitamin E, begitu juga sebaliknya.

Namun mengonsumsi suplemen vitamin E bersama dengan antioksidan lain seperti vitamin C, beta-karoten dan selenium, dapat berinteraksi dengan simvastatin dan niasin. Keduanya adalah obat yang diindikasikan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Artinya, mengonsumsi vitamin dan obat itu secara bersamaan dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Itu mengapa, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsi beberapa jenis vitamin secara bersamaan.

(berbagai sumber)

SHARE