Hasil Rapat Perdana Komite Normalisasi

0
49

.Pada konferensi pers kemarin sore (6/4) di kantor PSSI, Ketua Komite Normalisasi PSSI Agum Gumelar menjelaskan tiga tugas yang diberikan FIFA pada komite ini.

Pertama, menyelenggarakan pemilihan Ketua Umum selambat-lambatnya tanggal 21 Mei 2011. Untuk yang pertama ini Agum Gumelar menyerahkan penjelasannya kepada Joko Driyono yang lalu memberikan paparan rincinya. “Pada tanggal 12 April komite ini telah membuka pendaftaran calon-calon anggota komite eksekutif, Wakil Ketua Umum dan Ketua Umum sampai dengan tanggal 17 April. Saat itu pula langsung dimulai proses verifikasi.” Jika ada yang berkeberatan dengan keputusan yang dibuat, Joko Driyono menambahkan,” Maka lima hari kemudian dibuka proses banding”.

Untuk menghindari rusuh yang terjadi pada kongres sebelumnya Joko menambahkan, undangan baru akan diberikan 1 Mei karena kompetisi sudah selesai dan diharapkan tidak ada lagi dispute mengenai siapa yang akan tampil di kongres.

“Khusus divisi utama, maka kita mohonkan kesepakatannya kepada seluruh anggota tim-tim divisi utama undangan baru diterbitkan tanggal 1 Mei, pada saat itu seluruh kompetisi divisi utama telah selesai, kedua, komite normalisasi juga mengirim kepada seluruh klub peserta kongres untuk melakukan konfirmasi ulang terhadap orang-orang yang berhak datang di kongres, diberikan waktu satu minggu untuk memberikan konfirmasi yang tidak ada sengketa muncul pada saat hari pelaksanaan kongres. Mudah-mudahan proses ini meminimalisir semua sengketa yang kita alami selama ini,” jelas Joko.

Kedua, mengenai liga yang keluar dari PSSI, Agum Gumelar menjelaskan.”Mengenai  masalah LPI , segera melakukan hearing, komunikasi terutama dengan PSSI melalui BLI. Jadi hearing dengan BLI, kemudian dengan LPI-nya sendiri, pengagas dan pengelola LPI. Dan kemudian setelah hearing ini. Tentunya kita akan mengambil suatu keputusan berupa solusi yang paling tepat dan bijak, waktunya akan ditentukan dalam waktu yang tidak lama.”

Ketiga, mengenai keseharian tugas-tugas PSSI Ketua Komite Normalisasi kembali menjelaskan , “Menyelenggarakan kegiatan day to day activity dari PSSI. Tentu akan melibatkan semua pihak yg selama ini telah berperan dalam proses ini, Jadi kita tidak akan tinggalkan merek-mereka yang selama ini telah melaksanakan peran ini, tapi kita akan akomodir dan arahkan mereka.”

Selain kegiatan di dalam negeri, Komite Normalisasi PSSI juga telah diakui oleh AFF (ASEAN Football Federation) dengan diberikannya undangan untuk menghadiri kongres di Bangkok. Dalam agenda tersebut, pihak komite akan menjelaskan situasi yang terjadi saat ini dan mengikuti pemilihan Presiden baru AFF seperti yang diungkapkan Ketua Komite Normalisasi.

(Ghiboo)

SHARE