Prestasi Akademis Bukan Satu-Satunya yang Terpenting

0
58

.Setiap orangtua menginginkan anaknya pintar. Anda pun pasti demikian. Satu hal yang perlu Anda ketahui, konsentrasi atau fokus belajar demi prestasi akademis juga tidak boleh menghalanginya untuk sukses bergaul.

Sejak kecil, berikan si kecil kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan di luar jam sekolah. Beberapa dari Anda mungkin tidak akan setuju dengan hal ini, karena anak sudah cukup lelah belajar di sekolah. Bila buah hati tetap berkegiatan setelah sekolah, waktu istirahatnya akan semakin berkurang dan fisik yang lelah tidak akan membantunya dalam belajar maksimal. Dikhawatirkan, prestasi di sekolahnya akan menurun.

Berhentilah berpikiran seperti itu. Prestasi akademis dan kreatifitas harus berjalan seimbang. Guru di sekolah akan lebih banyak menjejalkan teori pada si kecil. Mungkin ia pintar, tapi sebatas pintar menghafal teori saja. Untuk urusan praktek, nanti dulu.

Contoh nyata, anak mendapatkan nilai A dalam mata pelajaran ‘Kesenian’. Namun ketika ia hendak mengikuti ekstrakurikuler bermain musik (band) di sekolah dan mengikuti les gitar atau instrumen lain di sekolah-sekolah musik, Anda melarangnya. Bila hal ini diteruskan, maka setelah lulus SD, SMP, atau SMA, bisa dipastikan buah hati tidak akan bisa memainkan satu alat musik atau menciptakan sebuah lagu, meski ia pintar dalam teori musik.

Sama halnya dengan berorganisasi. Bila anak tertarik untuk menjadi pengurus OSIS atau kegiatan baris-berbaris, maka dukung dia. Meski di mata Anda ekstrakurikulum baris berbaris hanya akan membuang, waktu, energi, serta tidak akan berguna di dunia kerja kelak, namun dengan bergabung dalam suatu kelompok atau organisasi seperti itu, anak akan belajar bersosialisasi.

Ia akan mempelajari cara untuk mengemukakan pendapat di forum terbuka tanpa bersikap kekanakan, belajar memimpin teman-temannya, dan belajar bernegosiasi. Indirectly learning by doing. Jangan sampai Anda menciptakan generasi muda kutu buku yang tidak sanggup bekerja secara nyata.

(Berbagai sumber)

SHARE