Bahayakah Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi?

0
53

.Anda PAsti pernah mengalami pendarahan saat sedang menggosok gigi. Jika iya dan sering, perlu waspada. Gusi berdarah saat menggosok gigi bisa memicu gangguan kesehatan yang cukup serius. Apalagi jika pendarahan dipicu infeksi bakteri. Terjadinya pendarahan bisa memicu masuknya bakteri ke aliran darah dan mengganggu kesehatan organ di dalam tubuh.

“Gusi yang terkena infeksi bakteri portal bisa memasuki aliran darah dan kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan hati dan organ lainnya,” kata Steven Offenbacher, dari University of North Carolina di Chapel Hill Sekolah Kedokteran Gigi.

Kenali kondisi pendarahan dengan berkonsultasi dengan dokter. Jika pemicunya adalah infeksi bakteri, segeralah mengonsumsi antibiotik. Jangan biarkan pendarahan terjadi dalam waktu yang lama. Sebagai pencegahan, bersihkan gigi hingga ke akarnya secara teratur. Minimal dua kali sehari, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Pastikan pula tak ada sisa makanan yang tertinggal di lapisan gigi, karena daerah itu bisa menjadi tempat kuman berkumpul.

Kebiasaan menggunakan benang gigi atau dental floss setidaknya dua kali sehari juga sangat dianjurkan. Dan, jangan lupa melakukan kontrol kesehatan gigi ke dokter setiap enam bulan sekali.

(berbagai sumber)

SHARE