KFC Beralih ke Lemak Nabati

0
58

.IRLANDIA – Restoran makanan cepat saji KFC menegaskan bakal menghentikan penggunaan minyak sawit pada produknya.

Pernyataan perusahaan ini diungkapkan Head of KFC Food Assurance Mark Bristow. Menurutnya, KFC akan beralih menggunakan minyak nabati guna mendapatkan keuntungan ganda. Selain menyesuaikan perubahan iklim yang drastis, juga mengurangi resiko penyakit jantung.

Digunakan secara luas sebagai minyak goreng, minyak sawit telah memperkerjakan ratusan ribu orang di negara berkembang. Tapi disisi lain keberadaan minyak sawit juga menggangu lingkungan dan memiliki catatan kesehatan yang buruk.

Hutan di Indonesia dan Malaysia banyak ditebang bagi pembuatan jalan perkebunan minyak sawit. Selain itu minyak sawit juga membantu penyumbatan arteri jantung dari sifat lemak jenuh yang dimilikinya.

“Beralih ke minyak nabati berarti tidak sekedar menawarkan manfaat pengurangan lemak jenuh tapi juga mengurangi dampak lingkungan,” kata Bristow seperti dikutip dari Independent.co.uk

Ia juga menegaskan mulai bulan ini KFC akan menggunakan minyak nabati di 800 outlet mereka di Inggris dan Irlandia untuk kemudian menyusul semua outlet diseluruh dunia.

Bristow menegaskan pula, ekspansi industri kelapa sawit telah menjadi penyumbang kerusakan hutan hujan tropis dan lahan gambut diseluruh dunia.

(berbagai sumber)

SHARE